Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

 

Hallo teman - teman ketemu lagi dengan tulisan dhevils mechanic yang pasti tak jauh membahs dunia mechanic oil and gas industry enah itu terkait rivew unit - unit yang digunakan di dalam dunia migas, troubleshot yang pernah dikerjakan oleh dhevils mechanic maupun ide - ide manarik dari dhevils,mechanic dalam men.yeleseikan permasalahan yang terjadi dilapangan. dan kali ini yuk kita bahas sedikit terkiat pompa diagpragma.

Pompa diagpragma biasanya digunakan sebagai pompa chemical, pompa wastepit atau air limbah, pompa oil catcher, pompa sluury pump dan lain - lain. pompa ini sangat mudah perawatannya karena tidak banyak mengunakan part/ peralatan pendukung, Dan untuk pengeraknya dapat mengunakan angin bertekanan atau juga dapat mengunakan gas yang sudah tidak terpakai lagi atau gas flare.

Baca juga :

Perbaikan pompa Gaso HP600XL di Instal dengan Caterpillar G398

Proses Pemasangan Unit Engine Guascor SFGLD 560

BRU Ejector / Dhevils Ejector Dan Beberapa Manfaatnya

Pompa Diafragma merupakan jenis pompa perpindahan positif yang memakai kombinasi dari perlakuan reciprocating dari karet, termoplastik atau teflon diafragma serta cocok untuk penggunaan pada katup searah / check valve untuk memompa fluida. Kadang-kadang pompa jenis ini juga disebut pompa membrane .

Komponen utama pompa diafragma (diaphragm pump) adalah membrane yang fleksibel sebagai elemen pemindahan positif. Membran ini dapat bergerak, berhubungan langsung dengan flunyer atau dengan bantuan pemompaan fluida sebagai penerus dayanya. Pompa diafragma sederhana, prinsip kerjanya hampir sama dengan pompa torak. Seiring dengan kemajuan teknologi, pompa jenis ini juga mengalami kemajuan yang spektakuler. System penerusan tekanan dari piston dibantu oleh fluida tak mampu mampat (incompressible fluid), yaitu hydraulic fluid.

Perkembangan tidak berhenti sampai disini. Penggerak pompa sudah menggunakan udara dan tanpa batang torak penerus daya.

Kamu bisa lihat pada gambar diatas sebelah kiri, gambar tersebut menunjukkan saat diafragma bergerak mundur untuk menghisap masuk air. Katup masuk (inlet valve) terbuka sehingga air terhisap masuk memenuhi ruang pompa melalui saluran masuk (inlet). Pada saat bersamaan katup keluar (outlet valve) tertutup untuk menjaga air yang sudah ada di saluran keluar (outlet) tidak terhisap masuk kembali ke ruang pompa.

Dan pada gambar diatas sebelah kanan, menunjukkan saat diafragma bergerak maju untuk mendorong air keluar dari ruang pompa. Pada kondisi ini katup keluar (outlet valve) terbuka sehingga air keluar dari ruang pompa menuju saluran keluar (outlet). Pada saat bersamaan katup masuk (inlet valve) tertutup untuk menjaga agar air  yang ada di ruang pompa tidak kembali ke sumbernya.

Keuntungan Pompa Diafragma:

  1. Tidak perlu perapat mekanis (mechanical seal).
  2. Pemeliharaan mudah dan murah.
  3. Dapat memompa fluida yang mengandung lumpur.
  4. Apabila bekerja tanpa beban maka tidak akan terlalu merusak pompa.

Kerugian Pompa Diafragma:

  1. Aliran berdenyut (pulsating flow)
  2. Kapasitas sangat tergantung pada besar kecilnya pompa dan tidak dapat divariasi dengan perubahan kecepatan.
  3. Kapasitasnya rendah (dibandingkan dengan pompa sentrifugal).
  4. Efisiensi rendah pada kapasitas tinggi.
Demikianlah tadi sekelumit terkait pompa diagpragma yang ada ditempat dhevils mechanic bekerja, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawsan kita terkait dunia mechanic Oil and gas Industry.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...