Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Peralatan starting untuk Gas Turbine Apa Saja Yaa?

Hallo teman - teman semua ketemu lagi dengan dhevils mechanic. Dan yang pasti tak jauh - jauh membahas dunia mechanic oil and gas. Entah ituy terkait speck engine, speck pompa, atau hal - hal lain yang tak juah dari pemabahasan mechanic. dan kali ini yuk kita nahas starting untuk  turbine generator. apa saja equipmentnya dan apa saja jenis starting untuk turbine.

Starting system adalah peralatan atau system yang digunakan pada saat akan memnghidupakn suatu mesin, entah itu mesin kecil maupun mesin yang besar. entah itu rpm rendah maupun rpm yang tinggi.

Macam - macam jenis starting di oil and gas industry sudah dhevils mechanic bahas di tulisan - tulisan dhevils sebelumnya. Kalian dapat cari dikolom shearch pojok kanan atas dari halam blog ini. terkait apapun yang berhubungan dengan mechanic oil and gas.

Baca juga :




Untuk starting turbin ini mungkin sedikit berbeda dengan starting engine pada umumnya karena disini dibutuhkan rpm tinggi supaya unit turbine dapat hidup dengan sendirinya. jika pada unit engine konvensional yang rpm operasinya 1500 rpm seperti pada engine caterpillar, superior, waukesha, arrow dan lain sebagainya hanya membutuhkan rpm engine 600 sd 800 rpm. untuk RPM operasi lebih rendah dari 1500RPM akan lebih rendah lagi pada saat proses startingnya.

Untuk RPM Starting turbine umumnya 40% dari RPM  operasional turbine, sebagai contoh untuk turbine bermerk  kongberg  yang beroperasi dengan RPM 20.000 membutuhkan rpm starting 4000 sd 6000 rpm dimana pada rpm 3000 sudah terjadi  penyalaan igntion dan pembukaan gas secara bertahap. dan di rpm 4000 sudah mulai ada pembakaran dan di rpm turbine sudah 6000 starting lepas dari gigi di gearbox turbine.

Untuk Starting turbin pada umumnya mengunakan turbine starting atau juga mengunakan blade starting di turbine startingnya.  dimana jika motor starting sudah berputar gigi pinion akan maju kedepan dan masuk ke gigi gearbox, sehingga  turbine juga ikut berputar. Perputaran turbin ini akan memutar sudu2 kompressor sehingga udara bertekanan dari sudu kompressor masuk kedalam ruang combuster. didalam ruang combuster  ada tork ignition dan bahan bakar masuk memlalui nozzle yang diatur oleh governor sesuai dengan kebutuhan dari RPM turbine tersebut.
Starting sistem un Setuk turbine ada bermacam - macam type dan model, tergantung dari manufacture, besar dan kecilnya unit turbine yang akan digerakan oleh system starting tersebut. selain  memperhitungkan RPM dari motor   starting,  juga memeperhitungkan torsi yang dihasilkannya apakah untuk unit kecil atau untuk unit yang besar, sehingga hal ini juga mempengaruhi pemilihan dari starting system yang digunakan.

Untuk media pengerak dari system starting turbine ada bermacam - macam, ada yang mengunakan angin atau gas bertekanan tinggi untuk memutar turbine atau sudu - sudu impeler yang ada didalam motor starting tersebut, ada yang mengunakan motor electrical dan ada yang mengunakan system hydrolic starting. 

Untuk system electric dan sytem hydrolic starting kalian dapat search di pojok kanan atas dari halaman blog ini yaa.. dhevils mechanic pernah nulas di tulisan - tulisan dhevils mechanic yang terdahulu.

Untuk gas turbine dengan merk kawasaki dengan model GPB30 peralatan starting nya mengunakan sytem penumatic starting dimana membutuhkan gas / angin bertekanan tinggi untuk motor startingnya. dan  perlatan yang dibutuhkan sebagai berikut :

1. Air compressor
air compressor dibutuhkan untuk menaikan tekanan udara asmoferik menjadi udara bertekanan yang sesuai dengan kebutuhakn starting dari turbine. biasanya tekanan untuk starting turbine berkisar 150 psi sd 250 psi tergantung dari type dari peneumatic motor startingnya yaa.

Kapasitas dari air compressor ini juga sesuai dengan berapa turbine yang akan di gerakan  sehingga tidak ada patokan resmi kebutuhan tekanan dan kapasitas dari air compressornya karena setiap project akan berbeda - beda desainnya ada yang operasi 1 unit, stanby 1 unit, ada yang operasi 2 unit stanby 1 unit, ada yang operasi 3 unit stanby 1 unit. hal ini tergantung dari plant dan turbine yang akan di gerakan

Baca juga :



2. Drying / Pengering Udara
Alat ini berfungsi untuk mengeriangkan udara bertekanan keluaran dariair compressor dimana kita ketahui udara yang di tekan / dikomperesi akan menjadi panas dan perubahan panas ke dingin akan menjadikannya konedsasi sehingga udara tadi akan banyak air yang terikut. Hal ini tidak diizinkan motor starting ada air yang ikut didalamnya karena kan menyebabkan motor starting akan cepat rusak dan macet.

3. Vesel Reciver Tank
Ini adalah sebuah tangki yang berfungsi untuk menampung udara bertekanan keluaran dari drying dimana diaharapkan udara yang ditampung didalm vesel ini sudah keriang dan siap di distribusikan sesuai dengan kebutuhan. sebagaimana kita ketahui untuk memutar peneumatic motor starting dibutuhkan pressure dan qapasitas yang konstan supaya RPM dapat stabil. dan fungsi dari vesel ini adalah sebagai tampungan supaya udara bertekanan dapat konstan dan stabil mensuplay kebutuhan pada saat starting turbine

4. Pipa dan Instalsi 

Posisi dari air utilities dengan turbine room biasanya jauh sehingga dibutuhka perpipaan untuk mengarahkan udara bertekanan dari vesel reciver dapat sampai ke pneumatic motor starting, selain untuk kebutuhan starting air utiliteis juga berfungsi untuk kebutuhan instrument air dan maintenance sehingga akan banyak cabang - cabang perpiaan dari air utilities ini.

5. Valve / selenoid Starting
Peralatan ini diperlukan untuk membuka dan menutup aliran udara bertekanan yang akan masuk ke motor Starter dan selenoid starting ini juga terhubung ke kontrol dari turbin karena dapat dioperasikan secara manual dan auto dimana motor starter akan berhenti sendiri jika putaran dari turbin sudah mencapai putaran running minimum.

6. Motor Starting.
Motor starting adalah alat yang mengubah tekanan udara menjadi putaran sehingga dapat memutar awal dari turbin. Motor starting banyak sekali model dan jenisnya tergantung manufacture dan turbin yang akan digerakan. ada unit turbine yang digerakan oleh 1 motor starting dan ada yang digerakan oleh 2 motor starting.

Untuk Start gas turbine seperti apa? dibawah ini contoh start turbine dengan merk kawaski model GPB 30 ditempat dhevils mechanic bekerja


https://youtu.be/6Drmf5q0eL8?si=CFmxXRZu76oPi6EY

Demikianlah sedikit cerita peralatan yang digunakan untuk start up turbine generator atau turbine compressor, tergantung dari aplikasi dilapangannya. semoga dapat bermanfaat dan jika kalian mempunyai pertanyaan atau pengalaman terkait start up turbune generator atau turbine kompressor tulis dikolom komentar yaa.. supaya berbagi kisah / pengalaman ini lebih menarik lagi dan ilmunya kalian dapat bermanfaat bagi yang lain sebagai ladang amal jariayah kita.


 

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...