Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Perbaikan Pompa ABS sebagai pompa Water Injection Sumur Minyak


Hallo teman - teman dhevils mechanic, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yaa.. yang jelas tak jauh - jauh dari dunia mechanic Oila and Gas Industry. dimana banyak cerita terkait pekerjaan - pekerjaan yang telah dhevils mechanic lakukan baik itu pekerjaan perawatan biasa unit, troubleshot, ide - ide dalam menyeleseikan permasalahan dilapangan serta review terkait unit - unit yang di gunakan di Oiland Gas Industry. Dan kali ini dhevils mechanic ingin menceritakan pengalaman peraikan pompa centrifugal dengan Merk ABS yang digunakan sebagai pompa waterdispossal di salah satu plant tempat dhevils mechanic bekerja.


Pompa ABS ini digunakan sebagai pompa air limbah, dimana air yang ikut terproduksikan oleh sumur - sumur minyak, diolah dahulu sesuai baku mutu Departement Lingkungan hidup, kemudian diinjectsikan kembali kedalam bumi memelalui sumur - sumur water injection, sehingga di plant tersbut dapat zero discharger atau tidak ada limbah yang dibuang ke lingkungan, selain itu water injection berfungsi untuk memaintenance pressure reservoir dari sumur - sumur mminyak yang masih satu lapisan dengan sumur water injection.


Pompa ABS ini bertype centrifugal pumpa dengan head 200M qap 50M3/H hal ini diseuaikan dengan jumlah air yang terpduksi dan pressure dari sumur water injection tersebut. jadi tidak sembarangan memasang sebuiah pompa disebuah plant oil and Gas Industry membutuhkan kajian yang mendalam dari enginer dan stake holder yang nanti akan mengoperasikannya.

Baca juga :




Karena banyak kejadian merancang atau mendesain sebuha intalasi pompa yang tidak mengunakan kajian mendalam akhirnya membutuhkan efford yang besar dan akhirnya sia - sia karena pompa tidak dapat digunakan dengan baik dilapangan dan meninggalkan banyak permasalahan baru dilapangan. saran untuk teman - teman yang medain dan mernacang intalasi apapun di plant selain kita mengunakn teory diatas kertas lakukan juga survey yang mendalam bertanya pada senior di tempat tersbuut, kumpulkan data - data yang tepat dilapangan, cari reverensi sebanyak - banyak - banyak nya supaya desain kalian bermanfaat dan tidak sia - sia.


Pompa ini digerakan oleh gas engine dengan merk Ctaerpoillar model G3304 dimana engine tersbut mengunakan bahan bakar gas sisa dari hasil produksi, jadi sebelum masuk ke flare gas dimasukan ke scruber kecil untulk memisahkan gas dengan liquid yang masih terbawa ke jalur fuel engine. seperti yang di tulis diatas ini project zero discharger dimana dari pada gas dibakar di flare lebih baik digunakan sebagai bagahn bakar dari engine - engine yang ada di plant tersbut.
  
Enginenya sendiri hasil modifikasi dafri diesel engine menjadi gas engine dengan basic engine D330 dirubah menjadi gas engine, dimana telah dilakukan perubahan pada system kompresi dengan menurunkan kompresi ratio, mengubah fuel injection dengan hydra governor kemudian menakbahkan igntion system dengan mengunakan magneto Altronic V dan tentu menganti injector dengan spark plug dimana harus ada perubahan pada chamber diesel ke chamber spark plug gas engine.
Pompa ini di name plate nya mempunyai RPM 3000 sementara engine mempunyai RPM 1500 sehingga dibutuhkan penaika RPM dengan mengunakan perbandingan Pulley engine lebih besar dari pada pulley pompa.
 
Pekrjaan dimulai bongkar pompa dari lapangan, hal ini dari laporan team operation jika unit pompa tidak dapat mengisap dan ada kelainan suara pada saat pompa di operasikan, maka team dhevils mechanic segera meluncur untuk pengecekan, setelah dilakukan pengecheckan teryata unit tidak dapat dikerjakan langsung dilapangan dan harus dibawa ke workshop.


Sesampainya di workshop unit dibongkar untuk memastikan semua kerusakan. jadi satu persatu part pada pompa ABS ini kita bongkar semua, untuk di check mana part yang masih dapat digunakan lagi dan mana part yang harus di perbaiki jik adigunakan lagi dan part yang harus ganti baru karena sudah tidak dapat digunakan kembali.


Untuk housing pompa tidak ada perbaikan yang berarti hanya wearing ring yang melekat pada suction pompa harus diganti baru dnegan fabrikasi di bengke bubut. disini fungsi wearing ini adalah memberi skat anatara suction impeler dan buangan impeler dan hal ini ber efek pada daya hisap dan pressure yang dihasilkan oleh pompa. Semakin bagus clearience disini semakin bagus daya hisap dan pressure yang dihasilkan oleh pompa.

Impeller membutuhkan perbaikan pada wearing ringnya juga supaya dapat bekerja dengan optimal pompa ABS ini dimana head pompa adalah 200M yang digunakan sebagai pompa injection sumur atau disebut juga pompa waterdispossal.

     

  
Untuk mechanical seal yang lama mengunakan galnd packing ini kita modif dengan mengunakan mechanical seal dimana pompa akan lebih awet dan mudah perawatannya.
  
Dan Setelah proses pabrikasi dan perbaikan selesei dilanjut proses perakitan yang dimulai dari pemasangan bearing pada bearing housing,  rumah pompa, implerre dan mechanical seal

 
Setelah semua OK, putaran pompa enteng tidak ada yang nyangkut, dilanjutkan pemasangan dilapangan. dan lanjut pengetesan pemompaan sebagai pompa water injection dengan pressure 18kg/cm2 dan flow sebesar 50M3/jam. dan Unit kita serahkan ke bagian operation untuk memonitor dan mengoperasikannya.
 
Demikianlah tadi cerita dhevils mechanic dan team dalam menyeleseikan permasalahan yang terjadi pada pompa ABS di lokasi tempatr dhevils mechanic bekerja sehingga unit dapat digunakan kembali. Smeoga dapat bermanfaat dan menambha wawasan kita kan dunia mechanic

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...