Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Perbedaan Commisioning Pompa Centrifugal dan Blower Centrifugal

 VS 

Hallo teman - teman dhevils mechanic, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dimana banyak sekali tulisan dhevils mechanic dalam mebahas rutinitas pekerjaan sebagai mechanic, troubleshot, spesifikasi alat serta ide - ide terkait permasalahan yang ada di dunia mechanic oil and gas. Dan kali ini yuk kita masih bahas terkiat blower centrifugal.

Baca juga :

SOP  Start Up Blower Multistage Compressor

Air Compressor dan Macam - Macam Jenisnya

Mengenal Engine Generator Guascor SFGLD560

Beberapa hari ini dhevils mechanic di curhatin teman terkait permasalahan blower dimana blower ini setelah diperbaiki di start motornya selalu overload. teman ini malah bukan  pengawas dan pelaku di lapangan, tetapi dia memperhatikan dan merasa kasian kok problem ini tidak kelar - kelar tetapi malah berlarut - larut dalam penyeleseiannya. Dan Kebetulan dulu pernah dhevils rawat baik - baik saja. Lha.. kenapa pengawas barunya ndak nanya history ato permasalahan kepada dhevils mechanic langsung? ya mungkin gensi dan malu membuat kita tidak mau open mainded terhadap masukan orang rain, dan merasa punya pengalaman dn ijazah yang menurutnya lebih tinggi itu membuta egois sesorang, padahal zaman now ijazah dapat di beli..beda dengan pengalaman yang harus dilalui seeorang. terlepas dari semua itu yuk kita bahas bareng - bareng perbedaan dari pompa centrifugal dan blower centrifugal.

Menurut bahasa jelas berbeda, yang satu pompa untuk memindahkan fluida yang berbentuk cair dan padat, sementara blower untuk memindahkan udara atau fluida gas. problem saat proses pemompaan istilahnya juga berbeda, klo pompa disebut cavitasi dimana ada udara yang terjebak didalam fluida cair, sementara pada blower ada istilah surge. Dimana Surge / Surging adalah fenomena terjadinya fluktuasi pada tekanan output kompressor dan mengakibatkan getaran yang sangat besar pada kompresor yang dapat mengakibatkan kegagalan serius pada mesin. Fluktuasi tekanan pada surging adalah karena aliran balik dari sisi output kompresor karena tekanan yang 'terlalu' besar.

Jika di dalam pompa centrifugal tidak dibutuhkan line bypass tetapi dibutuhkan line hole balancing pada pompa multistage untuk menyeimbangkan pressure di suction dan belakang impeller supaya mengurangi gaya axial dari imepller saat mendapat beban, di blower membutuhkan line bypass untuk mengatur surging jika terjadi.

Didalam  pengaturan operasinya pada pompa centrifugal membutuhkan valve atau block valve untuk mengatur kapasitas dari pompa tersebut dan ini berbanding terbalik dengan pressure yang dihasilkannya, dan kalian dapat lihat dari kurva si pompa centrifugal tersebut, semakin tinggi presure yang dihasikan akan mengahasil flow semakin rendah.  dan pompa centrifugal tidak dapat bekerja diluar dari kurva desain dari manufacturenya, karena kurvanya di pengaruhi, bagaimana bentuk impelernya,  bagaimana pressure yang dihasilkannya, daya motor yang dibutuhkan, RPM impeler yang diperlukan dan lain sebagainya. dan untuk suction valve tidak boleh ada hambatan sekecil apapun supaya tidak terjadi cavitasi alias valve suction harus dibuka fulll jangan sampai ada udara yang terjebak.

Sementara dalam pengaturan beban pada blower centrifugal, blok valve dipasang pada suction blower, semakin besar flow yang dibutuhkan semakin besar bukaan pada blok valve di suctionnya, dan ini sebanding dengan daya yang dibutuhkan pada motor. dan jangan lupa untuk mengatur valve bypass supaya unit blower tidak terkena gejala surging yaa.. dan untuk discharger nya harus buka full supaya keluarannya tidak ada hambatan karena jika ada hambatan dan valve bypassnya tidak dapat mengimbangi akan  terjadi gejala surging

Nahh tentunya sudah sedikit paham perbedaan antara pompa centrifugal dengan blower centrifugal yaa.. pada saat start up yang diantur valve discharger, sementara untuk blower centrifugal yang mengatur adalah valve suctionya.

Sampai disini dulu ya pembahasan terkait pompa centrifugal dan blower centrifugal, nanti kita bahas yang lebih detail lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...