Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

TroubleShoot Motor Turning Gas Turbine Generator Kawasaki GPB30

Halo teman - teman dhevils mechanic, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang pasti tak jauh - jauh membahas dunia mechanic oil and gas, selain di blog ini dhevils mechanic juga share di channel youtube maupun. di facebook fan page, dimana dhevils mechanic sering share terkait troubleshot, speck - sp[eck unit di oil and gas, tool - tool yang sering digunakan maupun ide - ide keretaive dalam menyeleseikan permasalah dilapangan. dan kali ini yuk kitya membahas dan mengulas kembali pengalaman perbaikan gas turbine generator.

Baca juga :




Gas turbine generator yang kali ini dhevils kerjakan adalah merk Kawasaki dengan type GPB30 dimana gas turbine generator ini berkapasitas 2.8 MW jika mengunakan bahan bakar liquid pertadex dan 2,5 MW jika mengunakan bahan bakar natural gas hasil proses yang ada di tempat dhevils mechanic bekerja.

Untuk jumlah gas turbine generator dengan merk kawasaki ini ada 4 unit dengan pola operasi 3 operasi 1 standby dan beroperasi 4 unit pada saat start up plant dan pada saat swiching pompa - pompa atau air compressor yang mengunakan motor MV yaitu di 6100 Volt. setelah proses switching selesei dan kondisi beban normal kembali baru dimatikan 1 unit sehingga yang running tinggal 3 unit gas turbine generator.
Cerita terkait Gas turbine Generator merk kawasaki ini memiliki 2 motor untuk memutar unit turbin dimana yang 1 adalah motor starting yang berfungsi untuk memutar turbine pada saat proses starting, ini mengunakan motor turbine starting dimana udara bertekanan digunakan untuk memutar sudu - sudu dari turbin impeller motor starting yang kemudian di lanjutkan untuk memutar gigi gearbox dari turbine generator ini.
 

Dan yang kedua adalah motor turning dimana berfungsi untuk memutar / turning dari gas turbine generator ini supaya  part - part yang bergerak dapat berputar dengan baik dan tidak ada yang berpotensi negjam pada unit gas turbine generator ini. dimana di control panel sudah ada perintah untuk memutar  motor turning tetapi di lapangan gas turbine generator tidak ada gerakan berputar. dan dari hal ini kitra trace satu persatu dimana kendalanya terjadi.

Untuk motor turning ini mengunakan power DC  sebagai sumber energy geraknya. Dan untuk kontruksinya hampir mirip dengan motor - motor  DC pada umumnya hanya saja motor DC ini mempunyai torsi yang besar untuk memutar dari unit gas turbine generator beserta generatornya.
Dan berikut adalah bagian - bagian rotor dari motor turning dari kawasaki gas turbine generator ini :
- Bearing depan dan belakang  atau DE dan NDE
- Jangkar
- Shaft atau Poros
- Lilitan Jangkar
- Alur
Dan lain - lain

Untuk Specknya seperti berikut ini :
Kerusakan yang terjadi pada motor turning gas turbine generator merk kawasaki ini adalah tyerjadi kerusakan pada sisi kumutatornya sehingga brush tidak dapat menempel dengan baik pada komutatornya, dan hal ini menyebabkan motor turning ini tidak dapat berkerja dengan baik.
Dimana sebelumnya sudah dilakuakn pembongkaran dan pengecheckan kira - kira apa keruasakan yang terjado dimotor turning ini kok sampai tidak dapat memutar dari turbine generator ini.
 
Kita lakukan pembongkara untuk mengecheck Kondis Brush dan teryata brush masih bagus, tetapi akhirnya kita temukan komutator nya mendapatkan kerusakan yang sangat dalam dan tidak dapat di amplas / diperbaiki
Kondisi Komutator yang sangat rusak ini mau tidak mau harus dibaw ake tukang gulung dinamo untuk mencari ukuran komutaitir yang sesuai dengan motor turning ini.
 
Akhirnya kita mendapat komutator yangs esuai dan kita lakukanpengantian dari komutator
 

Setelah  dilakuan pengantian dan perapian mulai dilakukan perakitan pada gear motor turining dan lanjut dilakukan uji coba untuk dipasangkan di gearbox dari kawasaki gas turbin generator ini.
Seteah selesei dilakukan starting dari gas turbine generator ini dimana unit dapat bekerja dengan baik 

 
Perbaikan gas turbine generator merk Kawasaki dengan model GPB30, awalnya kita melihat begitu rumit dan susahnya, apakah team kami yang hanya orang lapangan mampu menyeleseikannya, ehh teryata setelah di bongkar itu barang umum dan banyak di online juga untuk komutatirnya, dari awal ini keruskan pasti butuh biaya mahal, ehh setelah di lakukan perbaikan ndak jauh dari harga 10 bungkus rokok.

Pelajaran yang dapat diambil adalah kita jangan mikir terlalu jauh - jauh dulu, lakukan pengecheckan dengan bai, browshing sana - sini,  jangan malu nanya ke kesenior dan rekan - rekan sejawat, pasti semua ada solusinya.
Demikianlah pembahasan terkait motor turning pada kawasaki gas turbine generator model GPB30, semoga dapat bermanfaat, dan jika kalian mempunyai pertanyaan atau pengalaman terkait perawatan gas turbine generator khusunya merk kawasaki ini silahkan tulis dikolom komentar yaa, supaya berbagi pengalaman kerja ini dapat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...