Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Mengenal Turbine Generator Dengan Merk Opra

Hallo teman - teman ketemu lagi dengan dhevils mechanic, yang jelas tak jauh - jauh membahas dunia mechanic oil and gas,,, entah itu terkait speck unit equioment yang digunakan di oil and gas,,, troubleshot yang pernah dhevils mechanic lakukan maupun cerita terkiat ide - ide dhevils mechanic dalam menyekleseikan permasalahan yang terjadi dilapangan. Dan kali ini yuk kita bahas sedikit terkiat Opra Gas turbine generator.

Baca juga :




Opra Turbine adalah sebuiah gas turbine yang diproduksi oleh negara belanda dimana type - type ada banyak sekali tergantung dari kebutuhan yang akan kita gunakan dan kali ini yuk kita kuoas terkait Opra Gas turbine dengan model OP 16. dan berikut ini adalah bagian - bagian dari opra OP16 :

1. Reduction Gear
Allows the use of compact 4-pole generators for 50 or 60 Hz applications.

2. Compressor
The Compressor ratio allows for direct use of low fuel-gas pressures minimizing the need for external gas compression.

3. Bearings
Bearings in the cold part allows minimal oil consumption and a guaranteed oil-free exhaust.

4. Combustors
Can be fitted and exchanged based on fuel requirements. All combustor types are interchangeable.

5. Radial Turbine
Allows for high fuel flexibility due to lack of cooling holes and robust forged design.

6. Exhaust
Oil-free and high temperature resulting in clean, oxygen-rich exhaust with high mass flow.

Untuk Fuel System di Opra OP 16 ini dilengkapi dengan gas drying karena memang di offshore platform dhevils mechanic bekerja untuk fuel gas di ambil langsung dari sumur gas kemudian dipisahkan dari liquid dan gas nya ke separator produksi, kemudian gasnya di masukan ke scubber untuk lebih membersihkan gas dari liquid tanpa pembrosesan yang lain sehingga membutuhkan gas drying supaya  gas kering dan metan numbernya dapat lebih stabil.
Untuk Combuster unit turbin Opra model OP-16 ini mengunakan 4 combuster yang mengelilingi dari shaf, dan gas fuel masuk ke gas train lanjut manjuk ke fuel gas actuator yang dikontrol oleh governor terkait jumlah flow yang masuk sesuai dengan beban dari generator. Setelah itu gas masuk ke manifold fuel yang mengelilingi body turbine lanjut masuk ke masing - masin nozzle yang ada di kepala combuster. Dan Untuk Ingition nya ada di masing - masing combuster yaa,.. yang dikontrol oleh ignition system kapan mesti menyala kapan musti matinya.

 
Untuk Udara intake unit turbin Opra OP 16 ini ada di tengah - tengah antara combuster dan gearbox sehingga untuk exhautnya ada di ujung dari gas turbine kompressor ini. Hal ini mirip dengan gas turbine generator merk Kongberg yang sebelumnya ada di tempat dhevils mechanic bekerja yang akhirnya diganti dengan merk Opra OP-16 ini. dan untuk filter udara ada di deck atasnya yaa.. di  deck atas itu tempatnya Filter udara, air compressor, drying gas serta travo - travo dari 4150 volt dinaikan ke 20.000 volt serta trafo - trafo untukmkebutuhan sumur - sumur yang masih 1 platform dengan Gast Turbine Generator ini.
Gearbox dari Gas Turbine Generator merk Opra model OP16 ini mereduce putaran turbin 26.000 Rpm menjadi 1800 Rpm karena memang generator ini bekerja di frequansi 60 Hz. dan untuk starting unit gas turbine ini mengunakan system hydrolic starting dimana mengunakan motor DC untuk menaikan tekanan minyak hydrolicnya dan bantuan gas Nitrogen untuk mendorong Actuator supaya cepat tercapai tekannanya untuk mendapatkan putaran 6000 sd 8000 sebelum igintion menyala dan bahan bakar disemburkan melalui nozzle - nozle yang ada di masing combuster.
  
Untuk Generatornya Opra model OP16 ini berkapasitas 1600KVA dan voltase di 4150volt dan untuk groundingnya langsung ngikut ke groundingnya body platform.
Demikianlah seklaumit cerita terkait gas turbine generator merk Opra di tempat dhevils mechanic bekerja, dan unit tersebut menajdi perawatan kami.
Semoga dapat bermanfaat dan menabha wawasan kita terkait dunia mechanic oil and gas, dan jika kalian mempunyai pengalaman atau pertanyaan terkiat gas turbine generator merk Opra ini silahkan tulis dikolom komentar yaa.. supaya berbagi kisah ini lebih menarik lagi dan dapat menambah wawasan kita terkait dunia mechanic dan menjadi ladang amal ibadah karena ilimu dan pengalaman kita dapat bermanfaat bagi orang lain.

#tulisan ini dibuat dhevils mechanic sdh di Field Subang maintenance Gas Turbine Compressor merk Solar Centeur

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...