Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Lumpur Pemboran Minyak dan Gas

Hallo teman - teman dhevils mechanic..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang pasti tidak jauh membahas dunia oil and gas industry entah itu terkait speck - speck equipment yang digunakan, bahas troubleshoot serta ide - ide kreative untuk menyeleseikan permasalahan dilapangan dan kali ini yuk kita bahas terkait lumpur pemboran.

Pemboran merupakan salah satu kunci dalam pengembangan sumber daya panas bumi, baik pada tahapan eksplorasi ataupun pengembangan lapangan. Pemboran menjadi salah satu tahapan yang membutuhkan biaya besar hingga mencapai 35-50% dari biaya total (George Moshe Dayan,2014). Salah satu bagian pemboran yang banyak mempengaruhi keberhasilan perencanaan dan pengeluaran biaya suatu sumur adalah lumpur pemboran. Apakah kamu pernah mendengar apa itu lumpur pemboran?

baca juga :




Tujuan dari operasi pemboran adalah mengebor, mengevaluasi dan menyelesaikan sumur yang akan menghasilkan minyak dan/atau gas secara efisien dan aman. Lumpur Pemboran (Drilling Fluid, Drilling Mud) merupakan salah satu sarana penting dalam operasi pemboran sumursumur minyak dan gas bumi untuk mencapai target yang direncanakan. Pada mulanya orang hanya menggunakan air saja untuk mengangkat cutting dan dengan kemajuan zaman lumpur mulai digunakan.

Pada bab ini kalian akan mempelajari apa itu lumpur pemboran, mengapa diperlukan lumpur dalam pemboran, dan bagaimana lumpur pemboran bekerja. Lumpur ini berupa larutan (suspensi) berbagai bahan kimia dan mineral didalam air, minyak, gas,udara, atau busa dengan komposisi tertentu, sehingga nampak seperti lumpur dan karena itu diberi nama lumpur pemboran.

Lumpur bor ini bekerja dengan jalan disirkulasikan menggunakan pompa lumpur (Mud Pump) yang kuat. Pompa ini adalah jenis Positive Displacemant Piston Pump, beberapa jenis bahkan dapat memproduksi tekanan hingga 5.000 psi. Pompa digerakkan dengan mesin diesel atau motor listrik.

Untuk menghasilkan tekanan yang diperlukan dan laju aliran untuk kondisi khusus, misalnya untuk menggerakkan mud motor, diperlukan ukuran piston dan liner yang tepat. Ukuran nozzle bit juga dipilih yang sesuai. Hal ini disebut sebagai hydrauilic optimization, dan ini adalah untuk mendapat tingkat efisiensi pemboran. Setelah didapatkan tekanan lumpur pada tekanan yang diperlukan,lumpur kemudian mengalir ke stand pipe, pipa vertikal yang ditempatkan pada kaki derrick, kemudian melalui kelly hose (rotary hose), melalui swivel dan turun ke kelly.


Lumpur kemudian masuk kedasar 2 lubang sumur melalui pipa bor ke bit. Bit umumnya mempunyai dua atau tiga nozzle (lubang jet) yang akan menaikkan kecepatan aliran lumpur menjadi hight velocity. Kecepatan jet lumpur ini akan menggosok dasar lubang bor untuk menjaga agar bit cutter tetap bersih dan menjaga agar bit tetap mendapatkan permukaan batuan yang segar untuk kemudian dibor. Dari dasar lubang, lumpur naik kepermukaan melalui annulus (ruang antara pipa bor dan dinding sumur) sambil membawa tahi bor (cuttings) yang dihasilkan bit.

Dipermukaan terdapat tangki-tangki pengendap dan alat-alat pemisah (Solid Control Equipment) untuk memisahkan dan membersihkan lumpur dari cuttings, untuk kemudian disirkulasikan kembali kedalam lubang bor. Lumpur juga memiliki potensi energi yang berasal dari bahan-bahan kimia dan mineral yang dikandungnya (potensi fisiko-kimia) untuk menjalankan fungsi internal seperti menigkatkan kekentalan, berat jenis (tekanan hydrostatis), gel strength (mencegah pengendapan cutting) dsb.
Demikianlah sedikit ulasan terkait lumpur pemboran, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita terkiat dunia oil and gas indutry. Dan jika kalian mempunyai pertanyaan atau pengalaman terkait perawatan dan pengoperfasian lumpur pemboran share di kolom komentar ya supaya berbagi kisah ini lebih menarik lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...