Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Hot Taping Di Anjatan

Hallo teman - teman semua, ketemu lagi dengan tgulisan dhevils mechanic yang pasti tak jauh - jauh membahs apa yang ada di dunai Oil and Gas, entah itu terkait speck equipment - equipment yang ada di di plant, bagaimana dhevils mechanic dalam mengatasi masalah atau trouble shot maupun ide - ide kreative dari dhevils mechanic dalam memecahkan masalah dengan cepat, tepat dan pasti dengan harga murah. Dan kali ini yuk kita ulang kembali cerita terkiat Hot taping yang dilakukan dhevils mechanic dan team. 

Baca juga :




Hot tap adalah alat yang digunakan untuk melubangi pipa dan vesel dimana pipa dan vesel tersebut masih ada aliran tau ada cairan, dna pelobangan terbut berfungdi untuknmenambah atau memodifikasi jalur baru dimana penambahan jalur tersbut tidak mematikan aliran atau shutdown plant.
 
HotTap ada beberapa jenis, ada yang mengunakan manual, pneumatic dan hidraulic tergantung dari prime over pengerak dari hot tap tersebut. dengan prinsip kerja adalah membuka atau membuat lobang atau pencabangan pada pipa dan vesel dengan tidak mengehentikan aliran atau mengkosongkan dari vesel tersebut.
Nah di pekerjaan ini adalah melakukan modifikasi pemasangan jalur pipa baru ke jalur pipa existing dimana  jalur pipa existing ini tidaj dapat dikosongkan karena memang  pipa trunkline ini sangat panjang dan tidak dapat mengehentikan proses pemompaan. Sehingga cara hottaping ini di ambil sebagai acara terbaik saat ini.
Pipa yang akan di hottaing ini jauh sekali dari jalur jalan raya sehingga membutuhkan effort yang cukup lumayan untuk membawa lat hottaping sampai ke tempat yang dituju,  kita mengunakan cara manual untuk  moving peralatannya. Oiya alat hottaping yang kita gunakan ini mengunakan merk IPSCO model IP304 dimana alat ini sangup membuat lobang dari 3" sd 12" dimana pisau cutter yang tersedia dengan kakuatan maximal yang dapat di hottap mencapai pressure 1250 Psi. lata hottaing ini lumayan handal .
Pipa yang akan di hatting ini underground 2,5 meter diabawah permukaan tanah sehingga membutuhkan pengalian dan pembuatan turap supaya tanahnya tidak longsor karena memang jalur perpiaan ini memelui persawahan warga dan kebanyakan swahnya berlumpur dalam.
Pekerjaan pengelasan split T dilakukan oleh welder yang sudah pengalaman dengan standadrd sertificatenya, jadi bukan dilakuakn oleh team dhevils mechanic.  Team Dhevils mechanic hanya melakukan proses hottaping saja setealh itu dilanjutkan oleh team project dari pekerjaan piping tersebut.
Untuk membawa peralatan sampai lokasi kami dibantu oleh team project yang memanfaatkan warga sekitar, karena sebagaimana kita ketahui bersama setiap ada pekerjaan project past i warga sekitar minta ikut dalam bekerja, sehingga banyak kita manfaatkan tenaga mereka untuk pekerjaan yang non skill.
Unit sampai lapangan dan kita coba setting peralatan di flange spool yang sudag siaap.  untuk proses hottaing kali ini kita melakukan pelobangan dari pipa existing 6" di cabang dengan 6" pula, sehingnga dibutuhkan proses yang sangat hati - hati, jangan sampai pelobvangan temb us kebawah dari pipa existing.
Proses hottaing dilakukan dan disini kita mengunakan air turbin yang digerakn oleh air compressor, dimana air compressor kita membawa portable ingerssolr rand air compressor dengan pressure dari 7 sd 10 bar. untuk mengerakan dari turbinenya.
Pada saat melakukan hottaing ini yang diperhatikan adalah kedalaman dari cuter, jangan sampai cuter sampai masuk kedalam lebih dari yang kita ukur sebelumnya, yaitu tinggi atau lengkungan pipa dari pilot drill hingga  deep cuter
Setelah berhasil melakukan pelobangan pipa dengan hottaping pahat di naikan ke atas dan valve di tutup, lanjut perlatan hottaing ini di lepas dna di bersihkan.
Setelah hottaing berhasil  dan perlatan sudah di bersihkan, lobang dari flange valve sementara di tutup dengan blank flange untuk menghindari dibuka atau kemasukan benda - benda yang tidak diinginkan, sambil menunggu proses pemasangan spool pipa dari jalur pipa minyak yang baru selsei pabrikasi.

Demikianlah tadi cerita pekerjaan Hottaing pipa minyak di jalur Anjatan Indramayu, semoga dapat menambah wawasan kita terkait dunia Oil and Gas Industry, pekerjaan - pekerjaan apa saya yang ada di oil and gas, Dan jika kalian mempunyai pertanyaan atau pengalaman terkait pekerjaan Hottaing silahkan tulis dikolom komentar yaa, supaya berbagi cerita ini lebih menarik lagi.
  
Foto - foto diambil dari koleksi dhevils mechanic.

dedicate for : 
- Alm mas Yanto bagong (Villa Intan 1) dimana beliau lama bekerja bersama dhevils mechanic.
- Warsila mechanic BRU Mundu yang sekarang sudah pensiun
- Sutaji Tukang las BRU Mundu  yang juga sudah pensiun
- Muhammad Arifin sekarang sduah jadi karywan pertamina di Field Tambun
- Dono sekarang menajdi amndior mechanic di BRU mundu

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...