Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Cara HotTaping X Mastree yang Stuck Closed

Hallo teman - teman, disini saya akan menulis last projectku dalam troubleshoot  X mastree stack closed,  hal ini diketahui pada saat Rig mau masuk harus dilakukan pengkosongan well tetapi pada saat akan buka valve xmastree di ketemukan valve macet dan tidak mau bergerak alias stuck closed, bermacam cara sudah dilakukan, dan salah satunya dengan greasing high press dan high temp tetapi tidak mendapatkan hasil,

Akhirnya pilihannya harus di bor / di lobangi, tetapi masalahnya dengan apa kita dapat melobangi valve yang bahannya keras sekali, setalah diskusi dengan berbagia sumber akhirnya diputuskan dengan mengunakan alat Hot - tap.
Penasaran kami mampu ngak alat ini bekerja atau melobangi blade master valve yang keras, tebal, akhirnya kami membuat simulasi di workshop dengan melobangi valve bekas yang merknya sama

foto diatas adalah simulasi yang dilakukan sebelum di aplikasikan dilapangan. hal ini dilakukan di worshop agar supaya kami bisa yakin jika mata bor dapat menembus blade dari valve x-mastre yang sangat keras
 Setelah kami yakin  maka dimulailah pekerjaan hottaping dilapangan dan berikut ini adalah fot - foto pekerjaannya 
Kita moving peralatan dan material ke lokasi dimana sumur yang akan kita hottap, kebetulan sumur ini berada di desa gantar kabupaten Indramayu.
Kita pasang dahulu master valve yang bagus yang akan kita gunakan sebagai block valve setelah valve yang stuck terbuka. ini sama dengan proses jika kita akan mengotep pipa yang bertekanan. 
Kita instal alat Hottaing satu persatu sehingga unit siap untuk digunakan, jangan lupa pasang pressure gauge untuk memonitir tekanan valve jika sudah bolong/ berlobang.

 lanjut kita pasang power pack sebagai prime overnya, karena alat hottap ini memakai motor hydrolic sebagai pengeraknya, beda dengan hottaping yang dimiliki PT Pertamina EP Aset 3 Field jatibarang merk IPSCO 304 dengan pengerak air turbine.
pasang manometer sesuai dengan perkiraan tekanan yang ada didalam sumur. manometer menunujukan 0 berati belum dilakuakna pekerjaan hotatping.  dan jangan lupa selalu ukur lel yang ada disekitar sumur.
Setelah semua siap pekerjaan hottaping siap dilakukan dengan mulai dari drill terkecil 3/4" sampai lobangnya menjadi 1 1/2" yang cukup untuk blow down well dan injection fluida killing well
 
 tembusnya blade valve ditandai dengan pressure yang ada dibagian  adapter flange, berada setelah valve yang bagus yang nantinya akan digunakan sebagi block valve
dapat juga dikukur dengan alat pengukur LEL memastikan jika valve sudah berlobang dan ada gas metan di situ
Lanjut pembongkaran alat Hottaping dan house keping area well. untuk memastikan well aman untuk ditinggalkan.
 Kita pastikan posisi aman dengan memasang top flange dan pressure gauge
Kita akhiri pekerjaan hottaping X Mastree valve stuck closed di sumur Gantar 01, Alhamdulillah pekerjaan ini aman, tidak ada incident yang terjadi
Seleum meninggalkan sumuran kita berdo'a bersama karena semua pekerjaan telah selesei dengan aman, tidak ada kecelakaan dan semoga kedepannya dimudahkan dan sumur mendapatkan produksi yang maksimal.
 
Tulisan ini jauh dari kata sempurna,   ditunggu coment dan sarannya guna perbaikan tulisan ini
Terima Kasih
@Dhevils Mechanic PT Pertamina EP Aset 3 Field Jatibarang










Comments

Dwie said…
Pengalaman hottaping valve xmastree yang stack

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...