http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W
Hallo teman - teman, berbicara engine Caterpillar sudah tak asing lagi bagi mechanic di dunia Oil and Gas, karena unit Caterpillar sangat banyak sekali populasinya di Indonesia. dan tidak dapat diragukan lagi kehandalannya. Engine yang memang dirancang heavy duty untuk engine - engine indutrial. dan kali ini dhevils mechanic ingin membahas salah satu engine Caterpillar yang product lama tapi masih handal dalam beroperasi.
Manufacture Caterpillar sudah mengeluarkan ratusan model dipasaran untuk berbagai kebutuhna yang ada di indudtry sehingga kita sebagai konsument dimudahkan karena banyak pendekatan - pendekatan daya yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan yang dilapangan, Sebagaimana kita ketahui di model - model caterpillar ada keluarga 3 digit dimana yang banyak digunakan di industry oil and gas adalah seri 330 untuk seri kecil - kecil biasanya digunakan sebagai primeover pompa2 kecil, Seri 333 ini yang sudah mengunakan 6 cylinder seri 343 ini versi yang lebih besar, seri 353, seri 379, 398 untuk yang 12 cylinder seri 399 untuk yang lebih besar lagi.
Baca juga :
Di seri berikutnya ada istilah seri 4 digit dari keluarga 3200, 3300, 3400, 3500, hingga 3600 dimana unit yang kita overhoul saat ini masuk kekeluarga 3200 yaitu 3208 dimana unitnya ini kubical cylindernya keluarga 32 dan jumlah cylindernya ada 8 cylinder.
Berikut ini speck dari 3208
Configuration | Four-Stroke-Cycle Diesel |
Emissions | IMO Compliant |
Bore | 114.3 mm (4.5 in) |
Stroke | 127 mm (5.0 in) |
Displacement | 10.4 L (636 cu in) |
Rotation (from flywheel end) | Counter-Clockwise |
Compression Ratio | 16.5:1 435 |
HP | 15.5:1 |
Cooling System (engine only) | |
DINA | 47.3 L (12.5 gal) |
DITA | 56.0 L (14.8 gal) |
Lube Oil System (refill) | |
DINA | 12.0 L (3.2 gal) |
DITA | 15.0 L (4.0 gal) |
Oil Change Interval | 250 hrs |
Engine Weight, Net Dry (approx) | 722 kg (1592 lb) |
375 hp | 772 kg (1702 lb) |
435 hp | 899 kg (1982 lb) |
Permasalahan utama pada engine ini adalah unit sudah mengalami low power, dimana asap putih pada exhauts jika di bebani diatas 60% dari kapasitas, sementara enginenya juga cepat seklai naik temperaturenya, dan hal ini unit dijadwalkan untuk di overhoul di workshop.
Setelah unit dikirim dari lapangan ke workshop langsung masuk daftar antrian unit untuk perbaikan, dan setelah masuk antrian unit lanjut di bongkar satu persatu partnya guna dilakukan pengecheckan dan inpeksi secara menyeluruh apakah part nya dapat di gunakan kembali atau sudah tidak dapat digunakan kembali atau part tersebut membutuhkan perbaikan minor guna dapat dipasang kembali ke unit caterpillar D3208 ini.
Yang pertama dilakukan pembkaran adalah part cylinder head dimana part - part yang dibongkar mulai cover valve, rocker arm push rod serta cylinder head itu sendiri yang terdiri dari 2 cylinder head kanan dan kiri, dan cylinder head ini juga kita bongkar valve mechanisme nya dari vale inlet oulet, spring, seat valve guide valve dan lain - lain, untuk valve yang rusak dan bengkok kita ganti kemudian part2 terebut kita lakukan skuur valve dan pengantian seal guid valve.
System pendingin juga kita lakukan pembongkaran dan pengecheckan dimana part - part system pendingin meliputi Radiator, waterpump, hose - hose dan acesories, thermostat, oil cooler dan lain - lain. dimana part yang rusak kita ganti baru dan yang masih masuk ke standard manufacture kita pasang kembali.
System intake dan bahan bakar juga tidak lepas dari pengechekan di mulai dari air filter, turbo charger, intercooler dan lain - lain, untuk tubocharger tidak kita ganti 1 set tetapi kit nya saja yang kita ganti.
Untuk Basic engine kita lepas semua guna oengecheckan dan pembersihkan jalur - jalur minyak pelumas, jangan sampai ada kotoran yang masih melekat di jalur - jalur minyak pelumas, dimana part - part yang kita lepas dan check adalah, piston set dari connecting rod , bushing connecting rod, conecting rod bearing, piston hingga ring piston. Crankshaft dan main bearing juga kami lepas dan check satu persatu.
Untuk bagian generator juga kita lepas satu persatu dari rotor stator untuk kita lakukan sirlak ulang, dan panel kita check apakah masih dapat digunakan kembali atau perlu pengantian.
Setelah semua terdata dan kita orderkan part untuk kebutuhakan pengantiannya. Part datang langsung kita esekusi untuk perbaikannya dimulai dari basic engine atau lebih kita kenal dengan istlah short block lanjut ke bagian cylinder head dan seterusnya. tak lupa setiap pengencangan bautnya kita harus megunakan kunci moment dimana kekencangannya sesui dengan stsndard manufacture.
System Starting t dan caharging idak lepas dari pengecheckan dimana pada system ini terdiri dari electric starting, alaternator untuk pengisian serta panel start up dan emergency stop
Setelah semua terintal untuk engine lanjut untuk instal generatornya kita rakit dan kita pasangkan ke skid dari engine genset ini. tak luoa panel nya juga kita pasangkan sesuai dengan awl pembongkaran.
Semua sudah kita pasang dan rakit lanjut ke proses test running dan test beban disini kita mengunakan load bank untuk melakukan pengujian beban bagaimana respond dari unit jika di beri beban kejut dan parameter - parameter di engine apakah ada anomali. Jangan sampai nanti dipasang dilapangan mendapatkan kendala - kendala sehingga unit tidak perform di pasang dilapangan.
Selain pengecheckan visula terkait kebocoran dan suara dari unit saat dibebani Parameter - parameter yang ada pada panel instriument juga kita catat dari waktu ke waktu
Demikianlah tadi cerita overhoul engine caterpillar pengerak generator Cat d3208 semoga dapat bermanfaat, jika kalianmmpunyai pengalaman atau pertanyaan terkait unit engine ini silahkan kalian tulis dikolom komentar yaa... supaya berbagi pengalaman ini dapat lebih menarik lagi dan ilmu kalian dapat bermanfaat bagi orang lain.
dhevils mechanic
Comments