Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Trouble shoot Genset MTU High Temp

Hallo Gues... ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic lagi nich... Tulisan -  tulisan yang sellau bercerita pengalaman dan kejadian - kejadian di dunia mechanic Oil and Gas Industry tentunya. Yang mencoba menceritakan bagaimana serunya hidup sebagai mekanik dalam mengatasi permasalahan - permaslahan dilapangan. dan juga bisa menjadi referensi omkoeh - omkoeh semua dalam mengatasi masalah yang terjadi di lapangan atau perusahaan omkoeh.
Kali ini dhevils mechanic ingin menceritakan penngalaman dalam menyeleseikan troubleshoot engine genset MTU 1275 KVA high temperature. Unit ini sebenarnya unit stanby, yaitu unit yang dioperasikan jika pada saat main generator rusak/ shutdown. karena unit ini yang hanya sebagai unit standby inilah kadang kita sebagai mekanik terlena dalam perawatannya. karena unit ini jarang sekalli di operasikan dan sesekali saja untuk di running tetapi tidak dibebani.

baca juga :





Nahhh kali ini akhirnya kejadian juga, pas unit ini kan di operasikan dan dibebani, unit mengalami high temperature padahal beban baru 300KW. dan kali ini semua bagian kalang kabut karena plant tidak jadi operasi. dan yang pasti produksi dari plantakan terganggu.
Team Operasi melaporkan ke team maintenance untuk di perbaiki, dan dari admin team maintenance menyiapankan Sika dan JSA-nya pararel team Tehnisi menyiapakn tool yang kan dilakukan. dan tak lupa dhevils mechanic yang menjadi team leader juga harus turun.
Pada Panel history alam hanya menunjukan high tempe yang membuatnya shutdown, dan dhevils mechanic check memang sangat panas kita berada di sekitar engine lain dari biasanya.

Secara Visual kita check satu persatu,  yang pertama kita lihat adalah air filter, karena jika air filter mampet unit engine diesel akan high temperature. dan hal ini ditandai dengan asap knalphot menghitam. jika asap knalphot tidak menghitam dapat di indikasikan bukan air filter yang mampet
Yang kedua kita check filter solar atau fuel filter. Fuel filter mampet juga dapat menyebabkan high temperature juga, tetapi biasanya jika fuel filter mampet frequnsi dari engine juga hunting dan engine tidak kuat dibebani.
Yang ketiga kita check adalah kekencangan belt fan radiator. Jika belt van radiator kendor maka fan tidak berputer secara maksimal sehingga proses pendinginan air yang ada di radiator tidak maksimal. dan setelah kita pastikan teryata belt radiator ini memang sedikit kendor. dan akhirnya kita putuskan untuk mengantinya.
Proses pengantian belt fan Radiator engine MTU ini memang sedikit sulit, kita harus ngolong di bawah dudukan shaft fan radiator yang lumayan sempit tempatnya, dan pertama kita lakukan adalah mencopot cover proteksi belat dan pulley, baru kita kendorkan baolt setelan kekencangan belt.
Dan setelah terlepas belt memang sudah retak - retak seperti sudah kedalu warsa, belt retak -retak, dan hal ini kita cari tanggal kapan terakhir pemasangannya dan kita cari kenapa sampai lancip - lancip seperti gambar dibawah ini.
jangan lupa bersihkan pulley dari serabutan, atau hancuran belt yang menempal pada pulley.
 
Belt baru kita siapkan dan ganti, tidak lupa kita pasang dan aligment kelurusan dan kekencangannya  dengan mengencangkan  bolt setelan belt

Setelah belt terpasang, jangan lupa cover belt kita pasang kembali, untuk pengaman ketika kita kan mengisi air radiator maupun mengecheck bagian depan dari engine.
Setalah semua pekerjaan selesei, tiba waktunya kita running kembali unit genset MTU ini. karena bagian operasi sudah lama menunggu dan plant agar segera beroperasi kembali
Demikianlah cerita dhevils mechanic dalam menyeleseikan trouble genset MTU High temperature, 
 
Semoga bermanfaat ditunggu komentar dan diskusinya yaa.. supaya sharring pengalaman kita lebih seru lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...