Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Aligment Pompa Dengan SKF Shaft Aligment Tool

Hai teman dhevils mechanic, sebagai seorang mechanic pernahkah kalian melakukan aligment terhadap pompa, genset, kompressor dll? jika pernah biasanya teman - teman mengunakan alat apa?? masih mengunakan dial indicator biasa atau sudah mengunakan alat digital aligment? 

Baca juga :




Kali ini dhevils mechanic ingin menceritakan pengalaman aligment kopling pompa dengan mengunakan alat digital aligment yang dikeluarkan oleh SKF, ya SKF biasanya malang melintang di dunia bearing juga mengeluarkan alat untuk aligment dan heater beraing.
Shaft Aligment Tool yang dhevils gunakan kali ini dengan model TKSA 41 dari SKF, dengan berbagai fitur yang ada, dapat memfoto barcode yang telah kita aligment untuk memangil mememori aligment yang terdahulu, mengunakan cable dari receiver dan transfernya, walau kahirnya radha sewdikit ribet pada saat memutar shaftnya karena kable ikut terlilit berputar.
Langkah - langkah melakukanAligmentnya adalah seperti berikut :
Pasang dudukan pengirim dan penerima pada kopling / shaft yang akan kita aligment. jangan lupa kencangkjan lock dari rantainya supaya dudukan ini bisa kuat menecengkeram shaft atau kopling dan tidak mudah geser jika nanti diputar pada saat engukuran dan pengambilan data.

Pasang alat pengirim dan penerima sinyalnya.. jangan lupa pasang sekalian cablenya ke CPU aligment toolsnya yaa... pastikan dari alat pengirim dan penerima ini dapat terkoneksi dengan baik dengan alat aligmentnya.
ukur jarak anatara pengirim dan penerima, jarak pengirim ke center, jarak antar bolt yang akan kita setting/ aligment, RPM kopling, Diameter Kopling dll
Setelah itu koneksikan alat pengirim dan penerima jangan lupa setting sinar infrared pada center, jika tidak pas tengah berarti blum tepat kita memasangnya.
Putar kekanan 90 derajat.. balik lagi ke tengah, dna putra ke kekiri 90 derajat, pencet next dan biarkan alat menganalisa seberapa keleurusan dari 2 shaft yang kita aligment ini.
Setelah terbaca baru dudukan kopling kita kendorkan dan kita pasang shim sesuai dengan kletebalan dari analisa alat aligment ini atau dudukan kopling kurang kekanan atau kekiri. dan lanjut kencangkan kembali dan lakukan analisa lagi dengan memutar kekanan dan kekiri.
Ulangi lagi hingga di monitir muncul tanda Ok atau emotion tersenyum
Mudah kan Aligment Shaft dengan alat digital, hanya diperlukan kesabaran dan ketelantenan, jangan lupa siapkan berbagai ukuran shim agar pekerjaan aligment ini mudah dan cepat selesei.
Semoga bermanfaat ditunggu komentar dan diskusinya yaa, supaya sharring knowledge ini lebih seru.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...