http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W
Hai teman - teman... pernahkah kalian dengar tentang sensor vibrasi, atau juga disebut vibration transduser?? ya kal;i ini dhevils dipusingkan oleh sensor vibrasi transduser pada gearbox gas turbine generator tempat dhevils mechanic bekerja.
Sebenarnya ini ranah vendor pelaksana overhoul Turbine sich, tapi karena permaslhan keterlambatan penyeleseian overhoul turbin ini berimbas pada proses produksi tempat dhevils mechanic bekerja.. mosok iya kita diam saja.. jadi mau ngak mau harus bantu nyari sumber permaslhan dan penyeleseiannya.
Dan mari kita pelajari bersama apa itu Transduser vibrasi dan nanti kita kupas tuntas dlamnya transduser yang kebetulan dhevils mechanic bongkar dalamannya seperti apa? karena rasa penasaran barang begini kok susuah sekali mencari pengantinya.
baca juga :
Secara umum sistem pengukuran dapat digambarkan dalam blok diagram sebagai berikut:
Diagram blok pengukuran secara umum [1]
|
Pada pengukuran vibrasi sinyal input berupa getaran mekanik dengan besaran perpindahan yang dideteksi oleh sensor yang kemudian diubah oleh tranduser menjadi sinyal tegangan dan kemudian ditransmisikan ke elemen pengkondisi sinyal untuk diproses oleh elemen pemroses sinyal dan akhirnya ditampilkan dalam bentuk data angka maupun grafik (spectrum, waveform dan trend). Sesuai dengan tiga besaran pada vibrasi maka ada tiga jenis tranduser yang biasa digunakan dalam pengukuran vibrasi.
Jenis-jenis transduser vibrasi [2] |
Dan berikut ini adalah sensor vibration yang ada di Turbine generator Kawasaki M1T13 yang menempel di gearbox dari gas turbine tersbut.
Proximity merupakan tranduser perpindahan non-contact yang cara kerjanya menggunakan eddy current, yakni ketika proximitor (oscilator-demodulator) mengeksitasi probe maka akan menimbulkan magnetic field, ketika shaft mendekati probe timbul eddy current dan diabsorpsi kembali sehingga amplitudo carrier sinyal berkurang. Fluktuasi amplitudo carrier sinyal inilah yang dijadikan output sinyal AC yang proporsional dengan nilai vibrasi (mV/mills).
Kemudian jarak antara probe dengan benda uji juga sangat berpengaruh terhadap hasil, apabila jarak antara benda uji dengan probe berubah-ubah, maka amplitudo sinyal juga akan berubah-ubah karena amplitudo sebading dengan jarak antara benda uji dengan probe tersebut. Jarak antara benda uji dengan probe disebut gap, gap ini diatur sesuai dengan karakteristik transducer dan mesin atau benda uji yang akan diukur vibrasinya.
Velocity Probe
Merupakan tranduser kontak yang yang dipasang pada bearing housing/casing yang bergetar. Prinsip kerja velocity probe sesuai dengan hukum fisika yaitu apabila suatu konduktor/kumparan yang dikelilingi oleh medan magnet kemudian koduktor bergerak terhadap medan magnet atau medan magnet bergerak terhadap konduktor maka akan menimbulkan suatu tegangan induksi pada konduktor. Apabila transducer ini ditempatkan pada bagian mesin yang bergetar, maka tranduser inipun akan ikut bergetar, sehingga kumparan yang ada di dalamnya akan bergerak relatif terhadap medan magnet sehingga akan menghasilkan tegangan listrik pada ujung kawat kumparannya. Sinyal listrik yang dihasilkan sebanding. dengan kecepatan getaran mesin tersebut. Dengan mengolah/ mengukur dan menganalisa sinyal listrik dari tranduser, maka getaran mesin dapat diukur. Tegangan output dari velocity probe biasanya dinyatakan dalam milivolt/inch.
Accelerometer
Pada acceleration probe terdapat case insulator yang berkontak langsung dengan mesin yang hendak diperiksa, case insulator ini berfungsi sebagai transmitter atau yang menstransmisikan getaran dari mesin menuju piezoelectric sehingga piezoelectric mengalami tekanan yang sebanding dengan getaran yang diterima dari mesin. Getaran mekanis yang menimbulkan gaya akan mengenai bahan piezoelectric tersebut sehingga bahan piezoelectric tersebut menghasilkan muatan listrik. Karena muatan listrik yang ditimbulkan oleh piezoelectrik sangat kecil maka didalamnya dipasang rangkaian elektronik/amplifier yang dapat membangkitkan muatan agar muatan listrik yang dihasilkan oleh bahan piezoelectric menjadi lebih besar
Dan berikut ini adalah isolator vibration dengan merk Toyo keike yang pada saat ini menjadi barang antik karena check stock di semua agen kosong, dan ke jepangpun harus inden, sementara kita hubungi langsung agen gas turbine generator Indonesia untuk merk turbine Kawasaki juga kesusahan seperti tindak mendapat support dari manufacture kawasaki turbine jepang.
Akhir kisah kita mencari persamaan yang type dan modelnya sama dengan merk Toyo keike ini. dan disi lain akhirnya kita bongkar seperti apa sich daleman dari isolator vibration ini.
Dan Teryata dalamnya masih mengunakan IC logig yang sederhana dan terdapat beberapa dioda zener seperti safety tegangan yang masuk kedalam PCB ini. dan hal ini menurut dhevils mechanic dapat diperbaiki sendiri,
Untuk hal ini dhevils mechanic harus izin dulu keatasan untuk melakukan uji coba perbaikannya. karena model dhevils mechanic yang sering memperbaiki sendiri ini sering bertentangan dengan cara - cara management yang semua harus standard dan beli ke agen yang resmi.
Itulah kadang sudut pandang yang berbeda, sudut pandang tehnisi kaki lima ini yang semua pasti bisa diperbaiki. dan sudut pandang pimpinan yang semua bisa di beli.
Tetap semangat kawan, semoga bermanfaat, ditunggu komentar dan diskusinya yaa..
Comments