Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Kisah Dhevils Mechanic Team Lakukan Efisiensi Dengan pengantian Elmot Dengan Gas Engine Arrow C106

hallo teman - teman semua, gimana kabar kalian? semoga sehat selalu yaa, terus semangat dalam berkarya untuk menyeipakan energy untuk negri ini. ketemulagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yaa, tulisan yang banyak cerita tentang dunia mechanic oil and gas industry. Tentang troubleshoot dan penyeleseiannya maupun isu - isu terkini terkait dunia mechanic. Dan kali ini dhevils mechanic akan menceritakan pengalaman kerja  yang pernah dilakukan bersama team dalam melakukan efisiensi. Efisiensinya seperti apa ? ikuti terus tulisannya yaa! dan semoga dapat menjadi inspirasi teman - teman yang lain dalam bekerja dan berkarya

baca juga:





Pekerjaan ini dimulai dari salah satu lokasinya PT Pertamina EP Field Cepu, yaitu di lokasi BNA (Banyuasin) disana ada 2 sumur produksi yang mengunakan pumping unit sebagai cara lifting crude oil-nya, dan primeovernya mengunakan elmot (electro motor ) yang power electricalnya dari genset sewa.
Dari permasalahan genset sewa yang tidak perform. menyebabkan proses lifting crude oil juga berdampak sering off sehingga pengahasilan sumur produksi menjadi turun naik tidak jelas. dan hitung - hitungan  lifting crude oil cost per barrelnya jadi melejit tinggi, sehingga plant tersebut tidak produktif lagi.
Dalam perjalananya dhevils mechanic dan team menemukan unit engine idle yang rusak, tetapi menurut dhevils mechanic dapat dibangun kembali menjadi unit yang handal hal ini juga dhevils tulis di Arrow kusayang arrow ku malang, 
 kemudian unit - unit yang terbengkalai itu kita overhoul  supaya dapat bermanfaat kembali bagi perusahaan yang juga dhevils tulis dalam judul overhoul engine Arrow C106.
Setelah unit gas engine selesei di overhoul unit di test running di workshop mekanik sebelum dikirim ke lokasi untuk mengantikan unit elmot yang selama ini menjadi primeover dari pumping unit. Dalam pengetesan ini kami mengunakan gas LPG, Oiya sebagai info jika mengunakan gas lpg sebaiknya mengunakan gas regulator LPG yang high pressure yaa, supaya ketemu dengan  setingan RPM yang diinginkannya.

Setelah unit di test running tidak ada permasalahan, unit dapat segera dikirim ke loaksi BNA untuk mengantikan prime over Elmot yang selama ini digunakan. lepas dan pindahkan elmot dari skid pumping unit.
Pasangkan engine Arrow C106 yang selesai overhoul tadi, jangan lupa pasang V-belt dan kencangkan skid engine.
Pasang line gas fuel, asi Air radiator dan check level oli sebelum unit siap untuk dioperasikan.
Unit engine di start up lanjutkan operasikan pumping unit untuk menjalankan Sucker rod pump dan crude oil kembali mengalir ke permukaan untuk dijadikan pundi - pundi pengahasilan untuk perusahaan.
Dari tulisan cerita perbaikan diatas dapat diambil kesimpulan, setelah pengantian primeover pumping unit dari elmot menjadi gas engine didapat efeiensi dari biaya sewa genset dan proses lifing tidak sering breakdown karena sudah tidak tergantung dari performa genset sewa. dan untuk pengaturan SPM pumping unit jadi sangat mudah karena tinggal naik dan turunkan RPM dari engine primeover, berbeda sekali jika mengunakan elmot harus memasang VSD / FSD
Demikianlah tulisan dhevils mechanic terkait efisiensi yang didapat dari pengantian elmot dengan gas engine arrow C106.
Semoga bermanfaat dan dapat menambah semangat kita untuk terus berkarya untuk perusahaan tempat kita berkerja dan mencari nafkah.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...