Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Kumpas Tuntas Gas Engine Dan Bagian - Bagiannya

 
 Hallo Teman - teman Semua, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang selalu membahas permasalhan mechanc terutama di Oil and Gas Industry, dan kalil ini di tempat kerja dhevils emchanic ada anak - abak SMK yang sedang PKL dan kebetulan juga lagi ada pekerjaan overhoul gas engine, untuk menambah wawasan mereka tentang gas engine.

Baca juga :





Tulisan ini dhevils mechanic ambil dari tulisan makalah dhevils mechanic sendir waktu nulis KKW Akamigas Cepu dengan Judul "
PENGOPERASIAN DAN PERAWATAN MOTOR BAKAR GAS CATERPILLAR G.3304NA PENGERAK POMPA WATER INJECTION DI SP. RANDEGAN FIELD JATIBARANG PT. PERTAMINA EP  REGION JAWA


Dan ini dhevils mechanic ambil dari BAB III KKW dhevils Yaa... dan udah dhevils mechanic lengkapi dengan gambar - gambar di tempat dhevils mechanic kerja.


Motor Bahan Bakar Gas
 
     Motor Bahan Bakar Gas adalah suatu pesawat yang mengubah suatu bentuk energi panas menjadi energi mekanik. Motor bahan bakar gas berarti suatu pesawat yang tenaga mekaniknya diperoleh dari hasil pembakaran campuran bahan bakar gas dan udara yang dikompresikan ke dalam ruang bakar (Combustion Chamber). Kemudian dengan bantuan panas yang diperoleh dari loncatan bunga api listrik (Spark Ignition), sehingga terjadi ledakan yang menimbulkan ekspansi gas.
Tenaga ekspansi ini digunakan untuk mendorong piston dan melalui suatu rangkaian peralatan dirubah menjadi tenaga putar mekanis. Karena proses pembakaran berlangsung didalam ruangan silinder itu sendiri, maka motor bakar ini disebut motor pembakaran dalam (Internal Combution Engine).
Bahan bakar yang biasa digunakan dalam motor bakar gas adalah :  Propane, Bio gas, Wellhead gas (Field gas),  dan Dry Natural gas yang berasal dari sumur produksi (Terutama methane) yang telah dipisahkan kadar air dan kondensatnya (Dry Gas).
 
3.2  Klasifikasi Motor Bakar Gas   
      Motor bakar gas dapat di klasifikasikan menurut langkah  kerjanya menjadi :
                              3.2.1 Motor Bakar Gas Empat Langkah
  Yang dimaksud dengan motor bakar gas empat langkah adalah sekali proses kerja dengan dua kali putaran poros engkol meliputi empat langkah torak (langkah-isap, langkah kompresi, langkah usaha dan langkah pembuangan).
Proses kerja motor bakar gas empat langkah adalah :
·              Langkah Hisap
Langkah pemasukan adalah langkah torak dimana katup masuk terbuka dan katub pembuangan tertutup. Torak bergerak dari titik mati atas ke titik mati bawah campuran udara dan bahan bakar mengalir melalui katup masuk yang terbuka ke dalam silinder.
·        Langkah Kompresi
          Poros engkol yang berputar menggerakkan torak ke titik mati atas karena kedua Katup tertutup, maka campuran udara dan bahan bakar di kompresikan pada ruang silinder.
·         Langkah Kerja
         Waktu berlangsungnya langkah kerja, kedua katup tertutup. Sesaat sebelum torak mencapai titik mati atas, pembakaran berlangsung sehingga tekanan dan temperatur gas pembakaran naik. Pada saat itu torak melampaui titik mati atas dan tekanan gas mendorong torak ke bawah, torak menggerakkan poros engkol sehingga diperoleh kerja mekanik.
·                     Langkah Pembuangan
Poros engkol menggerakkan torak ke titik mati atas, sehingga isi silinder berkurang. Waktu pembuangan katup masuk tertutup dan katup buang terbuka. Oleh karena itu, torak dapat mengalirkan gas bekas pembakaran keluar silinder.
Brand – brand motor bakar gas empat langkah : Caterpillar, Waukesha, Arrow, Superior, Guascor, Doosan, Deuthz, Vortec, dan lain sebagainya.


3.2.2  Motor Bakar Dua Langkah 
 
Dalam mekanisme kerja motor dua langkah melengkapi siklusnya dalam dua gerakan piston atau satu putaran crank shaft (poros engkol).
·        Langkah Pertama
Piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB) akibat adanya pembakaran, maka gas hasil pembakaran akan mendorong piston sehingga terjadi langkahn kerja. Selanjutnya beberapa derajat (85º - 55º) sebelum piston mencapai titik mati bawah (TMB), lubang buang terbuka dan sisa gas pembakaran mengalir keluar karena adanya perbedaan tekanan. Dan beberapa derajat (60º - 45º) sebelum titik mati bawah (TMB) lubang isap terbuka sehingga, udara dan bahan bakar masuk ke dalam silinder (ruang bakar), pada saat ini disebut juga langkah pembilasan yaitu masuknya udara dan bahan bakar baru sambil mendorong sisa-sisa gas bakar keluar.
·          Langkah Kedua
Piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) menuju titik mati atas (TMA). Beberapa derajat (45º - 60º) sesudah titik mati bawah (TMB) lubang isap menutup, maka berakhirlah pembilasan.
Kemudian setelah beberapa derajat (55º - 85º) sesudah titik mati bawah (TMB) lubang buang tertutup, maka berakhirlah langkah buang. Dengan berakhirnya langkah buang dan langkah isap, maka mulai terjadi proses pemampatan dan langkah ini disebut langkah kompresi.
Beberapa derajat sebelum piston mencapai titik, mati atas (TMA) terjadi pembakaran di dalam silinder. Akibatnya pembakaran ini piston  terus bergerak menuju titik mati atas selanjutnya menuju titik mati bawah. Proses ini terulang seperti langkah-langkah pertama.
Brand – brand  motor bakar gas yang mengunakan 2 langkah adalah : Ajax, Arrow, Detroit, dan lain sebagainya.
 
 
3.3  KOMPONEN DAN FUNGSI DALAM MOTOR BAKAR GAS
   Yang dimaksud dengan komponen – komponen disini adalah nama dari bagian – bagianmotor bakar sehingga motor bakar tersebut dapat beroperasi. Komponen – komponen tersebut adalah:

3.3.1 Komponen Utama Motor Bakar Gas
Komponen utama dalam motor bakar juga disebut dengan basic engine, dan dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

·                     Komponen Tetap atau diam
-            Blok silinder (cylinder block)
  

Blok silinder merupakan bagian yang pokok dari mesin. Pada bagian dalam terdapat lubang – lubang untuk menempatkan silinder liner, tempat dudukan Crankshaft, juga dilengkapi saluran pendingin , dan saluran minyak pelumas.
-            Kepala silinder (Cylinder Head)
 
Cylinder Head berfungsi untuk tutup ruang bakar dan tempat dudukan valve mechanisme maupun sparkplug pada sistem pengapian
-            Silinder liner (Cylinder Liner)
Silinder liner adalah salah satu bagian mesin yang berfungsi untuk tempat bergeraknya piston turun naik (translasi) pada setiap langkahnya. Dan didalam silinder liner tempat terjadinya proses pembakaran.
-            Tutup gear depan (Housing GP – Front)
 tutup gear depan berfungsi sebagai tutup depan dari mesin, yang didalamnya terdapat bermacam – macam gear antara lain : gear crankshaft, gear camshaft, gear fuel pump idler, gear fuel pump drive, gear oil pump idler, dan oil pump drive.
-            Rumah roda gila (flywheel housing)
Rumah roda gila ini berfungsi selain untuk rumah roda gila juga berfungsi untuk tutup belakang dari block engine. Diadaka flywheel housing ini terdapat oil seal yang berfungsi menahan minyak pelumas yang keluar melewati crankshaft  

·                   Komponen Bergerak
-            Crankshaft
 
Crankshaft juga disebut dengan poros engkol yang berfungsi untuk merubah gerak bolak balik dari piston menjadi gerak putar
-            Piston
Piston berfungsi untuk mengompresi bahan bakar gas dan udara dilanjutkan menerima dan meneruskan tekanan hasil pembakaran sekaligus merubah tenaga tekanan menjadi tenaga gerak lurus. Pada piston ini di buat groove untuk tempat duduknya ring kompresi, ring intermediate, dan ring oli.
-            Connecting rod
Conecting rod berfungsi untuk meneruskan tenaga dari piston ke crankshaft saat langkah tenaga dan sebaliknya pada langkah kompresi
-            Camshaft dan valve mechanism
 
Camshaft berfungsi mengerakan valve mechanism yang mengatur masukan bahan bakar, udara, dan gas buang.
-            Flywheel
 
Flywheel atau roda gila berfungsi sebagai perata putaran crankshaft, juga untuk menyimpan momoen inersia, sehingga putaran dapat lebih balance. Pada bagaian luar dari flywheel ini dipasang ring gear sebagai bagaian pengerk sistim starting.

3.3.2. Komponen Pendukung Motor Bakar Gas
 
Pada motor bakar gas Caterpillar G-3304-NA didukung dengan beberapa peralatan untuk melengkapi dan kehandalan operasi unit tersebut. Dan komponen – komponen tersebut adalah :
·                     Bagian Sistem pelumasan (Lubricating System)
-     Pompa minyak pelumas
Pompa minyak pelumas berfungsi untuk memompakan minyak pelumas yang bergerak ke bagian – bagian yang bergesekan dari sebuah engine
-     Oil Filter
 
Oil Filter berfungsi sebagai penyaring partikel – partikel kotoran yang ikut teerlarut dalam minyak pelumas, sehingga diharapkan minyak pelumas yang bersirkulasi ke seluruh badan engine bersih dari partikel – partikel yang berbahaya.
-             Oil Cooler
 
Oil Cooler berfungsi untuk mendinginkan miyak pelumas setelah berputar mengelilingi saluaran – saluran yang ada pada engine
-     Pan As Oil p/n 4W-9626
 
 Pan As Oil juga disebut Bak penampungan minyak pelumas. Selain sebagai wadah dari minyak pelumas, juga berfungsi sebagai tutup mesin bagian bawah.

·                      Bagian sistem Pendinginan ( Coolant System)
-    Radiator
 
Radiator berfungsi sebagai pemindah panas dari engine. Air mengalir diantara celah – celah radiator  yang ada di Cylinder block  dan Cylinder head menyerap panas  dari ruang bakar menuju ke radiator untuk didinginkan kembali oleh fan blower yang digerakan oleh engine itu sendiri melalui perantara V- belt
 
-     Water pumps
 
Water pumps berfungsi untuk menambah tekanan air pendingin dari radiator  yang disirkulasikan ke Oil cooler, block engine, Cylinder head, sebagian ke Jaket water exhaust manifold, kemudian menuju ke radiator kembali.

·         Bagian Sistem Bahan Bakar dan Guvernur (Fuel System and Governor)
-      Filter Udara
Filter udara berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk ke engine dari debu maupun partikel – partikel lainnya.
-     Gas Regulator
 
Gas regulator  berfungsi untuk mengatur tekanan bahan bakar gas yang akan masuk ke engine. Gas regulator ini bekerja sesuai bukaan throttle valve
-              Carburetor
 
Carburetor  berfungsi  untuk  mencampur  udara  dengan  bahan  bakar gas sehingga campuran yang masuk keruang bakar dapat homogen.
-            Governor
 
Governor berfungsi untuk mengatur pembukaan bahan bakar pada throttle valve yang menuju  ke ruang bakar dan  berhubungan erat dengan putaran engine dan beban engine

·         System Pengapian ( Ignitian System)
-     Magneto
 
Magneto berfungsi sebagai  pembangkit sistem pengapian
 
-     Transformer
 Transformer berfungsi untuk meningkatkan voltase yang keluar dari magneto
-       Spark plug
 
Spark plug berfungsi sebagai pemicu loncatan bungga api pada ruang bakar
 
·                   
   Komponen Tambahan (Accesories Engine)
-            Starting and electrical system
Starting and electrical system adalah komponen – komponen dari engine yang berfungsi untuk menjalankan dan menjaga agar engine beroperasi dengan normal dan tanpa kendala.
-     Power take off
 
Power take off atau juga disebut kopling berfungsi untuk menyambung dan memutuskan tenaga dari engine ke beban dan dalam hal ini pompa
Sebenarnya masih banyak bahasan lagi tentang gas engine, bagaimana perawatan gas engine yang sesuai dengan standard manufacture, ikuti terus tulisan - tulisan dhevils mechanic yaa, jangan lupa subcribe blognya supaya kalian selalu update dengan permaslahan - permaslhan mechanic di Gas and Oil Industry, ditunggu komentar dan diskusinya yaa..

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...