Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Apa Saja Sich Yang Perlu Diperhatikan Dalam Merubah Diesel Engine Menjadi Gas Engine


Hallo kawan - kawan dhevils mechanic, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang membahas dunia mechanic Oil and Gas Industry. kita berbagi pengalaman - pengalaman dalam bekerja, ide - ide sederhana dalam menyeleseikan permasalhan dilapangan serta trik - trik dalam troubleshoot. Dan kali ini dhevils mechanic ingin membahas tentang apa saja sich yang perlu diperhatikan jika kita ingin merubah diesel engine menjadi gas engine.

Baca juga :

Merubah Diesel Engine Menjadi Gas Engine

TOP Overhoul Gas Engine Guascor SFGLD560

SOP Pengoperasian Gas Engine Cat G3304

Mencari Penyebab Rubbing Pada Blade Turbine Generator

Pengalaman merubah diesel engine menjadi gas engine ini pernah dhevils lakukan pada tahun 2009, waktu itu dilokasi dhevils mechanic bekerja membutuhkan primeover gas engine, tetapi tidak ada gas engine yang standby, dan adanya diesel engine itupun kondisinya rusak. Alih - alih membangkitkan kembali engine yang rusak tetapi engine tersebuut berubah menjadi gas engine. Karena diilayah kerja dhevils mechanic untuk diesel engine rawan sekali pencurian bahan bakar. sementara jika mengunakan gas engine kita tinggal buka kran sumuran saja sudah banyak bahan bakar gas yang tersedia.

Pengalaman berikutnya juga dhevils mechanic lakukan pada tahun 2015, hal itupun juga berhasil dengan baik hingga sekarang, dan unit masih beroperasi di plant. untuk yang kedua ini dhevils mechanic lakukan pada unit engine caterpillar seri 3 digit. karena jenis 3 digit ini mau discrap tidak dioperasikan kembali karena dari agen menyatakan discountinew sparepartnya biasalah hal ini termasuk politik dagang. Dan dhevils mechanic merasa kasihan jika melihat unit ditelantarkan padahal masih bisa diusahakan untuk dapat beopersi dengan baik dengan subsitusi ke model terbaru.

Dalam merubah diesel engine menjadi gas engine ini dhevils sarankan mengunakan merk caterpillar tetapi yang masihseri 3 digit atau  4 digit yaa, agar supaya pengerjaannya lebih mudah dan lebih kelihatan langsung hasilnya, jika kita mengunakan seri terbaru akan kerepotan masalah konstruksi cylinder headnya., karena seri terbaru selain tipis - tipis kebanyakan mengunakan merk perkins yang susah untuk penambahan lat - alat baru. Walau saja hal ini dapat dilakukan perubahan.

 Dan sebelum merubah diesel engine menjadi gas engine ini kita harus mengetahui dahulu dasar - dasar diesel engine dan gas engine. apa saja persamaan diesel engine dan gas engine serta apa saja perbedaan - perbedaan yang ada pada diesel engine dan gas engine. Apa saja yang dhevils mechanic lakukan, untuk lebih detail mari kita kupas satu persatu.

1. Bagian Kompresi

Perbedaan diesel engine dan gas engine adalah tekanan pada kompresi yang dihasilkan oleh piston. Karena diesel engine termasuk jenis engine self ignition makan tekanan kompresi piston pada diesel engine lebih tinggi. Diesel engine memiliki rentang perbandingan kompresi 1 : 16 sd 25 sementara untuk gas engine memiliki perbandingan kompresi 1 : 7,5 sd 12. sehingga dibutuhkan menurunkan kompresi diesel engine supaya dapat diganti bahan bakar gas.

Cara untuk menurunkan kompresi macam - macam, ada yang mengunakan plat tambahan diruang kompresi, ada yang merubah packing lebih tebal, ada yang memotong tinggi piston. Hal ini dapat anda pilih yang termudah untuk dilakukan. kalau dhevils mechanic lakukan adalah memotong tinggi piston, dan berapa potongannya? hal ini dapat kita ukur tinggi TMA ke TMB dibandingkan Tinggi Ruang Kompresi saat piston di TMA.

2. Bagian Bahan Bakar

Cara memasukan bahan bakar antara diesel engine dan gas engine sangat berbeda, karena sifat bahan bakarnya berbeda. Untuk engine diesel bahan bakar dipompakan oleh injection pump (boshpomp) lalu dikabutkan olej nozzle (Injector), sementara gas engine bercampur dengan udara yang dihisap oleh engine yang pencampurannya mengunakan alat namanya Carburetor.

Dhevils mechanic lakukan adalah membuang injection pump dari engine dan dhevils mechanic tambahkan carburetor di saluran manifold inlet dari engine. merk gas carburetor ini banyak sekali dipasaran, tetapi dhevils mechanic mengunakan merk Ipsco yang sudah umum dan banyak dipasaran karena trootlebody sdh include di karburetor Ipsco ini.
Jangan lupa pada bagian bahan bakar ini kita tambahkan gas pressure regulator yang berfungsi untuk mengatur tekanan gas bahan bakar yang akan masuk ke ruang bakar engine, untuk merk dan modelnyapun bermacam - macam ya.

3 Bagian Ignition System ( Pengapian)

Di Diesel engine tidak ada iginition system, karena diesel engine menganut self ignition engine. udara yang dikompresi pada diesel engine sudah sangat panas, sehingga pada saat dikabutkan bahan bakar diesel langsung menyala. Berbeda dengan gas engine, kompresi dari campuran bahan bakar dan udara membutuhkan percikan api untuk membuatnya terbakar, sehingga pada gas engine membutuhkan percikan busi sebagai pemicu terjadinya pembakaran.

Hal yang dhevils lakukan adalah melepas injector/nozzle beserta chambernya menganti dengan chamber untuk busi. jika ingin murah membubut sendiri bagian tengah chamber menyesueikan dengan ukuran drat busi yang akan kita gunakan. Dan di gas engine ini kita membutuhkan  alat untuk membuat pengapiannya, hak ini kita dapat mengunakan Magneto, Disn, ICM, dll yang sesuai dengan budget kita. 

Yang dhevils lakukan untuk ignition systme ini ditahun 2009 mengunakan Magneto, dengan modif dari gear injection pump menjadi gear magneto, dan untuk tahun 2015 mengunakan Disn dari altronic ini lebih simple dan mudah pengerjaannya.

4. Bagian Governor

Governor berfungsi untuk mengatur RPM engine dengan cara merubah bukaan bahan bakar yang masuk ke engine. Jika pada diesel engine governor langsung menempel di injection pump, pada gas engine governor berdiri terpisah dari carburetor.

Ada banyak pilihan governor dipasaran, ada yang masih mengunakan putaran engine secara langsung, ada yang sudah mengunakan electronic. Untuk merk nya pun bermacam - macam dipasaran mengikuti budget yang kita punyai. 

Pada pekerjaan dhevils mechanic yang pertama masih mengunakan governor biasa, karena governor dhevils ambilkan dari unit gas engine lain yang ssudah tidak terpakai. Pada pekerjaan dhevils mechanic tahun 2015 mengunakan Electronic Power Governor yang 1 set dengan motor actuatornya. hal ini lebih simple dalam pengerjannya.

Foto diatas adalah foto pada saat comiisoning dilapangan unit sebagai primeover pompa reciprocating. unit dapat beroperasi dengan normal, untuk timming pengapian dhevils mechanic setting 28 derajat BTDC karena mengunakan bahan bakar gas yang bernilai kalor antara 850 BTU sd 900 BTU. berbeda lagi jika kita mengunakan bahan bakar gas yang bersih dan bermetan tinggi.
Untuk Asesories engine dan control panel tidak banyak perubahan, hanya penambahan tombol untuk emergency stop memutus power ke Disn atau mengroundingkan power dari magneto supaya magneto tidak mengeluarkan strum lagi.

OK Kawan - kawan, itulah beberapa hal yang dhevils mechanic lakukan dalam merubah diesel engine menjadi gas engine. silahkan tulis komentar jika ada pertanyaan atau jika kawan - kawan juga mempunyai pengalaman merubah diesel engine menjadi gas engine, supaya berbagi pengalaman ini dapat lebih seru dan bermanfaat bagi yang mebutuhkannya

Comments

Unknown said…
Kreatif solusi yg bagus u
Dwie said…
pekerjaan merubah diesel engine menjadi gas engine

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...