Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Komponen Dan Fungsi Pada Motor Bakar Gas


Hallo Kawan - kawan dhevils mechanic, ketemu lagi denga tulisan - tulisan dhevils mechanic yang tidak jauh membahas dunia mechanic Oil and Gas industry, dan kali ini dhevils mechanic ingin mengupas tentans engine gas, tau juga disebut dengan motor bakar berbahan bakar gas, apa saja yang dibahas yuk ikuti terus tulisan dhevils mechanic ini.

Baca juga :





Yang dimaksud dengan komponen – komponen disini adalah nama dari bagian – bagianmotor bakar sehingga motor bakar tersebut dapat beroperasi. Komponen – komponen tersebut adalah:

Komponen Utama Motor Bakar Gas

Komponen utama dalam motor bakar juga disebut dengan basic engine, dan dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

· Komponen Tetap atau diam

- Blok silinder (cylinder block)

Blok silinder merupakan bagian yang pokok dari mesin. Pada bagian dalam terdapat lubang – lubang untuk menempatkan silinder liner, tempat dudukan Crankshaft, juga dilengkapi saluran pendingin , dan saluran minyak pelumas.


- Kepala silinder (Cylinder Head)

Cylinder Head berfungsi untuk tutup ruang bakar dan tempat dudukan valve mechanisme maupun sparkplug pada sistem pengapian

- Silinder liner (Cylinder Liner)


Silinder liner adalah salah satu bagian mesin yang berfungsi untuk tempat bergeraknya piston turun naik (translasi) pada setiap langkahnya. Dan didalam silinder liner tempat terjadinya proses pembakaran.

- Tutup gear depan (Housing GP – Front)

tutup gear depan berfungsi sebagai tutup depan dari mesin, yang didalamnya terdapat bermacam – macam gear antara lain : gear crankshaft, gear camshaft, gear fuel pump idler, gear fuel pump drive, gear oil pump idler, dan oil pump drive.

- Rumah roda gila (flywheel housing)

Rumah roda gila ini berfungsi selain untuk rumah roda gila juga berfungsi untuk tutup belakang dari block engine. Diadaka flywheel housing ini terdapat oil seal yang berfungsi menahan minyak pelumas yang keluar melewati crankshaft

· Komponen Bergerak

- Crankshaft

Crankshaft juga disebut dengan poros engkol yang berfungsi untuk merubah gerak bolak balik dari piston menjadi gerak putar

- Piston

Piston berfungsi untuk mengompresi bahan bakar gas dan udara dilanjutkan menerima dan meneruskan tekanan hasil pembakaran sekaligus merubah tenaga tekanan menjadi tenaga gerak lurus. Pada piston ini di buat groove untuk tempat duduknya ring kompresi, ring intermediate, dan ring oli.


- Connecting rod

Conecting rod berfungsi untuk meneruskan tenaga dari piston ke crankshaft saat langkah tenaga dan sebaliknya pada langkah kompresi

- Camshaft dan valve mechanism

Camshaft berfungsi mengerakan valve mechanism yang mengatur masukan bahan bakar, udara, dan gas buang.


- Flywheel

Flywheel atau roda gila berfungsi sebagai perata putaran crankshaft, juga untuk menyimpan momoen inersia, sehingga putaran dapat lebih balance. Pada bagaian luar dari flywheel ini dipasang ring gear sebagai bagaian pengerk sistim starting.

2. Komponen Pendukung Motor Bakar Gas

Pada motor bakar gas Caterpillar G-3304-NA didukung dengan beberapa peralatan untuk melengkapi dan kehandalan operasi unit tersebut. Dan komponen – komponen tersebut adalah :


· Bagian Sistem pelumasan (Lubricating System)

- Pompa minyak pelumas

Pompa minyak pelumas berfungsi untuk memompakan minyak pelumas yang bergerak ke bagian – bagian yang bergesekan dari sebuah engine

- Oil Filter

Oil Filter berfungsi sebagai penyaring partikel – partikel kotoran yang ikut teerlarut dalam minyak pelumas, sehingga diharapkan minyak pelumas yang bersirkulasi ke seluruh badan engine bersih dari partikel – partikel yang berbahaya.

- Oil Cooler

Oil Cooler berfungsi untuk mendinginkan miyak pelumas setelah berputar mengelilingi saluaran – saluran yang ada pada engine

- Pan As Oil p/n 4W-9626

Pan As Oil juga disebut Bak penampungan minyak pelumas. Selain sebagai wadah dari minyak pelumas, juga berfungsi sebagai tutup mesin bagian bawah.

· Bagian sistem Pendinginan ( Coolant System)

- Radiator

Radiator berfungsi sebagai pemindah panas dari engine. Air mengalir diantara celah – celah radiator yang ada di Cylinder block dan Cylinder head menyerap panas dari ruang bakar menuju ke radiator untuk didinginkan kembali oleh fan blower yang digerakan oleh engine itu sendiri melalui perantara V- belt


- Water pumps

Water pumps berfungsi untuk menambah tekanan air pendingin dari radiator yang disirkulasikan ke Oil cooler, block engine, Cylinder head, sebagian ke Jaket water exhaust manifold, kemudian menuju keradiator kembali.

· Bagian Sistem Bahan Bakar dan Guvernur (Fuel System and Governor)

- Filter Udara

Filter udara berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk ke engine dari debu maupun partikel – partikel lainnya.

- Gas Regulator

Gas regulator berfungsi untuk mengatur tekanan bahan bakar gas yang akan masuk ke engine. Gas regulator ini bekerja sesuai bukaan throttle valve

- Carburetor

Carburetor berfungsi untuk mencampur udara dengan bahan bakar gas sehingga campuran yang masuk keruang bakar dapat homogen.

- Governor

Governor berfungsi untuk mengatur pembukaan bahan bakar pada throttle valve yang menuju ke ruang bakar dan berhubungan erat dengan putaran engine dan beban engine

· System Pengapian ( Ignitian System)

- Magneto

Magneto berfungsi sebagai pembangkit sistem pengapian


- Transformer

Transformer berfungsi untuk meningkatkan voltase yang keluar dari magneto

- Spark plug

Spark plug berfungsi sebagai pemicu loncatan bungga api pada ruang bakar

· Komponen Tambahan (Accesories Engine)

- Starting and electrical system

Starting and electrical system adalah komponen – komponen dari engine yang berfungsi untuk menjalankan dan menjaga agar engine beroperasi dengan normal dan tanpa kendala.

- Power take off

Power take off atau juga disebut kopling berfungsi untuk menyambung dan memutuskan tenaga dari engine ke beban dan dalam hal ini pompa

Semoga dapat bermanfaat, tulisan ini diambil dari KKW dhevils mechanic pada waktu kuliah di AKMIGAS Cepu Jurusan Tehnik Mesin Lapangan Tahun 2009, ditunggu ya komentar dan diskusinya agar supaya sharring knowledge ini lebih seru lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...