Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Perbaikan pompa chemical Milton Roy Low Pressure

  
Hallo teman - teman semuanya, ketemu lagi dengan dhevils mechanic lagi nich yang pasti tak jauh membahas dunia mechanic oil and gas baik itu terkiat troubleshoot, kejadian - kejadian dan isu di dunia oil and gas maupun terkait ide - ide dhevils mechanic dalam menyeleseikan permasalahan dilapangan. dan kali ini yuk kita bahas terkait pompa milton roy ini...

Baca juga :




Pompa merk milton roy ini jarang di temukan di oil plant oil nad gas industry di indonesia jadi termasuk unit atau merk yang special jika kalian menemukan dan merawat unit ini. dan saking jarangnya akhirnya susah untuk mendapatkan spare partnya dan sekali lagi jika kita merawat unnit dengan merk yang tidak umum biasanya harga partnya pastilah mahal, karena bakal dipermainkan harganya oleh agen.
Milton roy memang sepecilalis di pompa - pompa chemical entah untuk ukuran kecil maupun yang ukuran besarnya. pompa ini sering digunakan untuk dosing pump dimana dia bekerja untuk menginjecsikan cemical kedalam vesel atau kedalam jaraingan proses.
 
Di tempat dhevils emchanic bekerja Milton roy ini digunakan untuk menginjeksikan demin water kedalam flash coloump dimana berguna untuk mendinginkan gas yang keluar dari scrubber dan berfungsi untuk mennagkap fluida dan benda - benda yang lebih berat, sehingga diharapkan gas keluar nya lebih  dingin dan bersih .
Berawal dari informasi team operation jika pompa milton roy ini dengan tag number P-0801A ini bermasalah ada suara kasar dan pressurenya tidak naik, akhirnya dari team operation membuat notiv ke team manintenance untuk dilakukan pengecheckan lebih lanjut.

Team Maintennace mengecheck kelokasi dan ditemukan unit ada problem dengan suara kasar dan pressure tidak naik dan ada kebocoran pada jalur seal dari plunger pump nya
Pompa Milton roy ini termasuk pompa posistive atau pompa torak dengan mengunakan plunger  yang bergerak maju mundur untuk menciptakan proses hisap dan tekannya.
Setelah dilakukan pengecheckan pompa ini tidak dapat dilakukan perbaikan di tempat, dan dilakukan dismantle untuk dibawa ke workshop untuk dilakukan perbaikan.

Tool kit dan document pekerjaannya lengkap seperti sika dan JSA nya maka mulailah dilakukan pekerjaan dismantle ini.
  
Setelah unit di bongkar dan diabwa ke workshop mechanic maka dilanjut untuk pekerjaan pembongkaran unit, dimana part2 yang ada di pompa ini kita bongkar satu persatu.

 
Setelah di bongkar  part - part tersbut kita bersihkan dan kita lakukan inpeksi / pengukuran sesuai recomendasi dari manual book apakah part tersebut masih baik unutk digunakan, butuh perbaikan atau harus ganti dengan part yang baru.
 
Semua hasil inpeksi part di tuangkan dalam buku laporan sehingga nantinya masuk ke bagian logistik untuk menindak lanjuti pengadaan materialnya.
 
Setelah material datang dan dipastikan keaslian atau kesesuian dengan permintaan maka dilanjutkan ke tahap asembly dimana part - part tersebut kita rakit sesuai dengan aslinya.
 
Setelah unit selsei rakit di workshop lanjut untuk pemasangan unit dilapangan, karena unitnya iniberat kami negunakan forklift untuk pengangkatannya ke site.
 
Unit pompa milton roy di instal pada skidnya tak lupa kita pasang instalasi perpipaannya yaitu line  suction dan discharger nya.
 
Lanjut pemasangan elmomt sebagai pengerak dari pompa ini dengan kapasitas 22KW  dengan system starting mengunakan VSD sehinga rpm elmot dapat diatur untuk mengatur dari rate pompanya itu sendiri.
 
Setelah semua selsesi perbaikan dan PSRR sdh dilakukan lanjut dengan pekerjaan test running dan comisioning, pompa di operasikan untuk memompa demin water ke flash coloump.  setelah semua OK tidak ada temuan lagi dilanjut closed document dengan menutup SIKA ( work permite) dan membuat laporan pekerjaan dan berita acara serah terima unit ke team operation untuk dapat dioperasikan seperti biasa kembali.
Demikinalah sekelumit cerita terkait milton roy..semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita terkait dunia oil nad gas dan jika kalian mempunyai pengalaman yang sama terkait perawatan pompa merk ini silahkan tulisa dikolom komentar yaa...supaya berbagi kisah ini lebih menarik lagi.
 

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...