Skip to main content

Posts

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Macam - Macam Rig Pengeboran Dalam Dunia Oil and Gas

   Apa yang dimaksud dengan Rig (Pengeboran)? Rig adalah sekumpulan peralatan yang digunakan untuk melakukan pengeboran (reservoir) bawah tanah untuk mendapatkan minyak bumi, gas maupun mineral-mineral bawah tanah lainnya. Baca juga : Teory Pompa Kerja Seri Dan Kerja Pararel Kehidupan Di Offshore Platform Perbedaan TroubleShoot Gas Engine Dan Diesel Engine TOP Overhoul Gas Engine Generator Guascor SFGLD560 Pada bagian ini akan dijelaskan jenis dan fungsi dari RIG yang berkaitan erat dengan drilling terutama dunia perminyakan. Dalam dunia perminyakan itu sendiri, kita mengenal yang namanya sumur. Bagaimana sumur-sumur minyak itu dapat terbentuk? Pembuatan sumur minyak tidak lepas dari peralatan yang namanya Rig. Apa yang dimaksud dengan Rig? Rig adalah sekumpulan peralatan yang digunakan untuk melakukan pengeboran terhadap sumur (minyak, geothermal, dll). Peralatan utama Rig adalah sebuah menara yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan pipa-pipa tubular pada sumur. ...

Sumur Gas Lift didalam dunia Oil and Gas

  Setiap sumur minyak memiliki karakteristik yang berbeda-beda, ada sumur yang memiliki tekanan yang tinggi ada pula yng memiliki tekanan yang rendah. Pada dasarnya, setiap sumur yang baru diproduksi mampu melakukan semburan secara natural, sehingga minyak bumi dapat terangkat dengan sendirinya ke atas permukaan. Berbeda halnya dengan sumur yang telah berumur, tekanan dari dalam perut bumi sudah tidak mampu lagi untuk mengalirkan fluida ke atas permukaan, maka dari itu diperlukan metode sembur buatan atau pengangkatan minyak bumi secara paksa. Sembur Buatan (Artificial Lift) Artificial lift atau sembur buatan digunakan pada sumur minyak untuk mempertahankan tekanan (pressure) produksi dar sumur-sumur tua. Hal ini dilakukan agar struktur resorvoir penyusun batuan di dalam sumur dapat mengangkat fluida ke atas permukaan. Suatu sumur yang sudah tidak memiliki tekanan untuk mengankat fluida memerlukan metode sembur buatan atau dengan menggunakan tenaga ban...

Makan Malam Bersama Teman - Teman Offshore

Kumpul dengan teman - teman adalah hal yang membahagiyakan, tertawa bersama, saling cerita suka dan dukanya, dengan kegiatan yang sederhana dapat menambah rasa persaudaraan    Masak nasi liwet, dan goreng ikan yang baru dapat dari macing tersa nikamat sekali.    Makan bareng sambil bercengkrama    Hidup saling mengisi satu sama lain, ngak ada yang bisa disombongkan lagi, karena kita saudara   Demikianlah sepengal cerita makan malam bersama teman - teman seperjuangan.

Konfigurasi Dalam ESP

Pompa submersible listrik berfokus pada konfigurasi ESP standar. Ini memiliki pompa , bagian ruang segel , dan motorik melekat pada tabung produksi, dalam rangka ini dari atas ke bawah. Dalam beberapa penyelesaian sumur bor dan aplikasi ESP yang unik, pengaturan dan konfigurasi sistem yang diubah. Halaman ini membahas beberapa konfigurasi ESP alternatif ini. Isi 1 Inverted bottom-asupan ESP 2 Inverted bottom-discharge ESP 3 Ganda ESP 3.1 Produksi Paralel 3.2 Seri produksi 3.3 Unit Backup 4 Booster ESP 4.1 sistem Kaleng 4.2 Permukaan sistem horisontal 4.3 Pipa-insert sistem 5 Melalui-tabung-disampaikan ESP 6 makalah Yang perlu diperhatikan di OnePetro 7 Pranala luar 8 Lihat juga 9 juara Halaman 10 Kategori Inverted bottom-asupan ESP Konfigurasi terbalik-unit memiliki ( Gambar. 1 ) Motor di atas, melekat pada tabung string yang Bagian Seal-ruang bawah motor Pompa di bagian bawah Untuk desain bottom-intake, cairan produksi ditarik di pelabuhan asupan terletak di bagian paling bawah d...

Pompa ESP dalam Dunia Perminyakan

  Contoh yang normal konfigurasi sistem ESP ditunjukkan pada Gambar. 1 dan 2 . Ini menunjukkan unit tabung-hung dengan komponen downhole terdiri dari: Sebuah pompa sentrifugal multistage dengan baik asupan integral atau terpisah, asupan bolt-on Sebuah bagian seal-chamber Sebuah motor induksi tiga fase, dengan atau tanpa paket sensor Sisa dari sistem ini mencakup paket kontrol permukaan dan kabel listrik tiga fase berjalan downhole ke motor. Karena persyaratan aplikasi unik ESP di dalam, relatif casing kecil-menanggung, peralatan desainer dan produsen diwajibkan untuk memaksimalkan angkat pompa dan output daya dari motor sebagai fungsi dari diameter dan panjang unit. Oleh karena itu, peralatan biasanya panjang dan ramping. Komponen yang diproduksi dalam berbagai panjang hingga sekitar 30 ft, dan untuk aplikasi tertentu, baik pompa, segel, atau motor dapat beberapa komponen dihubungkan secara seri. Gambar. 1-ESP sistem konfigurasi [setelah Centrilift Gr...

Sejarah Pompa ESP ( Electric Sumersible Pump)

Pada tahun 1911, 18 tahun Armais Arutunoff menyelenggarakan Listrik Dynamo Rusia Arutunoff Co di Ekaterinoslav, Rusia, dan menemukan motor listrik pertama yang akan beroperasi di dalam air. Selama Perang Dunia I, Arutunoff dikombinasikan bermotor dengan bor. Itu penggunaan yang terbatas untuk mengebor lubang horizontal antara parit sehingga bahan peledak bisa didorong melalui. Pada tahun 1916, ia didesain ulang pompa sentrifugal untuk digabungkan ke motor nya untuk dewatering tambang dan kapal. Pada tahun 1919, ia berimigrasi ke Berlin dan mengubah nama perusahaannya menjadi REDA. Pada tahun 1923, ia berimigrasi ke Amerika Serikat dan mulai mencari pendukung untuk peralatan nya. Awalnya, ia mendekati Westinghouse tapi ditolak karena insinyur mereka pikir itu tidak akan bekerja karena tidak mungkin di bawah hukum elektronik. Pada tahun 1926, pada konferensi American Petroleum Institute (API) di Los Angeles, dua pihak bergabung bersama untuk memulai industri ESP. Tepat sebelum ko...

Purnama Diatas Anjungan Lepas Pantai X-Ray PT Pertamina EP Field Jatibarang

Lapangan Offshore X-ray PT Pertamina EP Feld Jatibarang terletak disisi timur dari kabupaten Indramayu Jawa barat Indonesia,  Kurang lebih 3 jam  perjalanan dari pelabuhan Cirebon, Itu mengunakan kapal Crew Boat yang memuat kurang lebih 110 Passenger. Teatapi Jika kita mengunaka kapal AHT perjalanan kurang lebih 6 jam dari Pelabuhan Cirebon.   Kerja di Offshore memang sangat menantangs sekali, kita harus mempunyai jiwa petualang yang tinggi, dengan permasalahan produksi yang terjadi  terutama jika kita ditempatkan dibagian maentenance, karena tulang punggung operasi adalah bagaimana kehandalan fasilitas produksi dapat beroperasi dengan maksimal Baca Juga : Cara Menaikan Head dan Qapaistas Pompa Arti Sebuah Team Works Profile Mechanic Offshore Cerita Lebaran Diatas Air Laut (offshore) Suasana Malam dia tas Anjungan terasa asyik jika Purnama datang,terasa damai hidup ini, apalah yang kan dikejer saat kita hidup di dunia ini, ketika kita ...