Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Masalah Yang Terjadi Pada Genset Dan Cara Penyelesaiannya.

 Genset adalah singkatan dari generator Setting yang terdiri dari pambangkit listrik yang biasa disebut alternator  atau generator dan primeover pengeraknya yang bermacam - macam jenisnya, Adanya yang mengunakan engine berbahan bakar diesel, engine berbahan bakar bensin, engine berbahan bakar bio gas, dan ada juga engine yang berbahan bakar dual fuel anatara gas dan solar atau diesel.

Baca juga :

TOP Overhoul Gas Engine Generator Guascor SFGLD560

Troubleshoot Genset MTU Muncul Alarm AL353 Open Load Cylinder B3

BRU Ejector Solusi Mudah Untuk Memproduksikan Sumur Dengan Tekanan Rendah

Kehidupan di Offshore Platform

Dan kali ini dhevils mechanic ingin membahas permasalahan yangs sering timbul pada genset dengan prime over diesel engine. karena unit ini yang paling banyak digunakan dimasyarakat umum karena selain bahan bakarnya mudah didapat perawatannya juga tidak terlalu rumit jika dibanding dengan engine yang berbahan bakar gas engine. Dan berikut ini beberapa permaslalahan yangs eing timbul :

1. Masalah yang Umum Terjadi Saat Genset Sebelum Diberi Beban

a. Tegangan tidak yang keluar sama sekali, umumnya disebabkan karena:

  • - AVR Rusak
  • - Varistor rusak
  • - Adanya kabel PMG stator yang terputus
  • - Hilangnya magnet residu pada mesin genset
  • - Kemungkinan rusaknya dioada penyearah
  • - Kemungkinan rusaknya kabel stator yang terhubung
  • - Putusnya gulungan exciter genset
  • - Rusaknya voltmeter sehingga tidak ada tegangan yang keluar
  • - Rusak/Putusnya kabel kontrol generator
  • - Terjadinya kondisi Proteksi AVR generator yang berlebih

b. Tegangan yang kurang (Low Voltage), umumnya disebabkan karena:

  • - Kemungkinan AVR juga rusak
  • - Kurang pasnya setelan tegangan
  • - Rusaknya hand trimmer
  • - RPM kecepatan mesin yang melemah

c. Tegangan yang terlalu tinggi High voltage) , umumnya disebabkan karena:

  • - Adanya putus pada sensing AVR
  • - Rusaknya AVR
  • - RPM kecepatan mesin yang tinggi
  • - Terlalu tinggi setelan tegangan

d. Tegangan tidak stabil (naik turun) (Voltage Hunting), umumnya disebabkan karena:

  • - AVR rusak
  • - Bocor isolasi pada gulungan (dapat menyebabkan tegangan tidak seimbang antar phase)
  • - Kabel yang putus
  • - Kesalahan pemasangan PMG
  • - Kondisi RPM mesin tidak stabil (kadang naik turun)


2. Masalah yang Umum Terjadi Setelah Genset Diberi Beban

a. Tegangan tidak stabil, penyebabnya karena:

  • - RPM putaran mesin tidak stabil
  • - Adanya kondisi di mana kontroler pada kapastitor bank tidak bekerja optimal
  • - Setelan yang tidak sesuai
  • - Terjadinya fluktuasi beban dalam waktu singkat
  • - Komponen AVR yang rusak

b. Tegangan turun, (Low Voltage) penyebabnya karena:

  • - Adanya beban yang melebihi kapasitas (overload)
  • - Kerusakan AVR
  • - RPM mesin mengalami penurunan drastis
  • - Terjadinya kondisi Proteksi AVR generator yang berlebih
  • - Kondisi power melemah / kurang tenaga

c. Respon beban yang terjadi kurang cepat, penyebabnya karena:

  • - AVR rusak
  • - Beban kejut memiliki persentase 25% lebih tinggi dari standar yang ditetapkan
  • - Kurang sesuai setelan AVR
  • - Mesin mengalami responn yang cukup lambat
  • - Rusaknya dioada penyearah

d. Tegangan yang terlalu tinggi, penyebabnya karena:

  • - AVR rusak
  • - Adanya masalah dari beban yang diterima
  • - Adanya pemasangan yang salah
  • - Kondisi power faktor terlalu tinggi
  • - Tidak seimbangnya beban

e, Low frequency (RPM hunting)
  • - permasalahan pada engine
  • - fuel filter mampet (biasanya asap diknalphot  sedikit smoke putih)
  • - Air filter mampet (biasanya asap knalphot smoke hitam
  • - Governor bermasalah
Demikianlah beberapa permasalahan yang seriing timbul pada genset dan cara penyeleseiannya, karena kita bekerja sebagai seorang mechanic harus fast respon jika di plant ada troule. ditnggu komentar dan diskusnya yaa.. agar sharring knowledge ini lebih seru lagi dan ilmu  dan pengelaman yang kalian tularkan dapat bermanfaat bagi orang lain.

Comments

CBA said…
Master Genset keluar dari peraduannya, EDG CPPG ciamik...
Salam,
Dwie said…
siapp omkoeh.. hahaha ini sharring pengalaman aza semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan dengan permasalahan yang hampir mirip di tempat lain.
Unknown said…
Volt meter rusak apa yg terjadi
Dwie said…
terima kasih sudah mampir, banyak faktor omkoeh ada karena over range, faktor usia, dll..

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...