Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Pekerjaan 4K (4000 Jam) Pada Kawasaki Gas Turbine Generator

Hallo teman - teman dhevils mechanic semuanya, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic setelah beberapa waktu dhevils mechanic tidak update share pengalaman kerja di dunia mechanic Oil and Gas Industry, kali ini dhevils mechanic ingin sharing pengalaman dalam pekerjaan 4K pada gas turbine generator. Apa saja yang dilakukan yuk ikuti terus tulisan dhevils mechanic kali ini.
 
baca juga :
 
 
 

Pekerjaan kali ini dilakukan pada Gas Turbine Generator atau yang sering disingkat dengan sebutan GTG, dengan merk Kawasaki, model GPB30 yang berkapasitas 2.8 MegaWatt. Turbine ini berbahan bakar dual fuel liquid dan gas. Untuk liquid mengunakan bahan bakar Pertadex dengan konsumsi 1 Ton / Jam dan natural gas yang diambil dari sweet gas hasil dari pengolahan plant.


4K atau juga disebut 4000 jam ini dihitung adalah jam running setelah turbine comisioning atau juga unit turbine setelah dilakukan GOH, hal ini dilakuakan untuk mengetahui kondisi dari part - part yang berputar maupun yang tidak berputar dari dalam unit turbine. atau juga disebut boroscope.

Pengechekan Sisi dalam dari Turbine
  

Pekerjaan  ini dilakukan dengan mengunakan camera borosope, yaitu kamera  kecil dengan arah mata camera yang dapat di atur dari luar camera dengan sudut pandang mendekati 360* yang dimasukan kedalam engine turbine  befungsi mengecheck satu persatu propeler dari turbine ini, entah itu propeler untuk kompresor maupun propeler untuk generator dari turbine.

pengechekan ini harus hati - hati dan teliti jangn sampai ada yang terlewat terhadap yang terjadi di propeler maupun di housing dari turbine, apakah ada cacat fisik di propeler, retak rambut, rubbing dan lain-lainnya
 
Gas fuel Filter.

Hal ini harus dibersihkan supaya jalannya bahan bakar dapat sempurna hingga proses pembakaran, gas fuel fimter ini berada di luar pakage dari turbin, setelah cover filter kita bongkar kita check kondisinya, jika kondisi sudah rudak maka gas fuel filter ini harus diganti sekalian, karena unit turbine beroperasi 24 jam ninstop dan baru di offkan setelah running 4000 jam berikutnya alias running hour sudah mencapai 8000 jam

Liquid Fuel Filter

Seperti halnya gas fuel filter, liquid fuel filer ini harus kita check dan seklian kita bersihkan jika kondisinya masih bagus, tetapi jika kondisi sudah parah/ rusak liquid fuel filter ini harus segera kita ganti.

Nozzle dan Combuster

Pekerjaan  ini bertujuan untuk melancarkan jalur bahan bakar hingga ke dalam combuster, entah itu jalur gas fuel maupun liquid fuel,  disini nozzle dibongkar kemudian direndam oleh cairan dan lanjut dibersihkan. part yang diganti disini hanya O-ring yang berfungsi sebgai gasket antara housing dengan nozzle / injector bahan bakar.

Cleaning Air Intake Filter

Pekerjaan yang dilakukan untuk membersihakan air filter dari turbine ini, dan jika ada air filter yang rusak dan kotor sebaiknya langsung diganti, O iya untuk Gas turbine kawasaki model GPB30 ini Air filter cylinder ada 20 Pcs dan Cone Air filter ada 20 Pcs
Pekerjaan PM gas turbine generator ini juga dapat dilihat dichannel youtube dhevils mechanic. bagaimana pekerjaannya dapat dilihat di :


Setelah pekerjaan PM 4K atau 4000 Jam running, unit gas turbine generator ini di start kembali untuk mengetahui performanya. dan video berikut ini adalah video pada waktu start up kawasaki gas turbine generator dengan bahan bakar awal mengunakan liquid diesel.

 Demikianlah pekerjaan yang dilakukan pada gas turbine generator running hour 4000 jam, semoga dapt bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. tulis komentarmoe jika mempunyai pertanyaan maupun mempunyai pengalaman terkait gas turbine generator ini, supaya sharring knowledge ini lebih seru lagi

Dhevils Mechanic onfire

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...