Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Perbedaan Engine Diesel Dan Gas Engine

Hallo teman - teman semua, ketemu lagi dengan dhevils mechanic yang jelas membahas tak jauh dari dunia mechanic Oil and Gas Industry, dimana banyak di ulas oleh dhevils mechanic terkait speck - speck perlatan yang digunakan di Oil and gas industry, troubleshot yang sering terjadi hingga ide - ide dhevils mechanic dalam menyeleseikan permasalahan yang terjadi sehingga pekerjaan lebih cepat selesei dengan sumbsr daya yang tak begitu besar dan tebntu efisiensi yang besatr untuk perusahaan. Dan kali ini yuk kita membahas perbedaan engine disesl dan engine gas.

1. Jenis Bahan Bakar yang Digunakan

Perbedaan yang pertama tentu saja dari segi bahan bakar yang digunakan. Engine diesel adalah jenis  menggunakan solar sebagai bahan bakarnya, dan kadang di engine - engine tertentu menguankan bahan bakar pertadex sedangkan engine gas  menggunakan bahan bakar gas, dimana ada yang gas sudah diolah, dipisahkan komposisi - komposisi gas yang terkandung sehingga dapat menaikan nilai BTU dari gas tersebut ada juga yang langsung mengunakan gas wellhead

Baca juga :

Apa Saja Sich Yang Perlu Diperhatikan Dalam Merubah  Diesel Engine Menjadi gas  Engine

Perbedaan Troubleshot Gas Engine dan Diesel Engine

Pada engine diesel, udara dikompresi sehingga menghasilkan panas, kemudian bahan bakar disuntikkan dan terbakar karena panas dari udara yang terkompres. Sementara pada mesin gas, bahan bakar dicampur dengan udara, kemudian dikompresi dengan piston. Pembakaran dimulai dengan menyalakan campuran tersebut menggunakan percikan api yang berasal dari busi.

2. Harga

Engine dengan mengunakan bahan bakar gas mempunyai harga lebih mahal karena banyak komponen - kompenen tambahan yang tidak lazim / umum digunakan pada engine - engine diesel dan ada penambahan peralatan yang dimanakan ignition system untuk penyalaan  campuran bahan bakar yang ada didalam cylinder, belum lagi tambahan - tambahan control bahan bakar untuk mengontrol AFR (Air Fuel Ration untuk engine dengan bahan bakar gas lebih komplek.

3. Performa Mesin

Perbedaan mesin diesel dan mesin bensin selanjutnya terletak pada urusan performa. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. dalam kapasitas atau kubikel cylynder yang sama,  engine diesel mempunyai torsi yang lebih besar besar. dan dalam pengunaan dilapangan engine diesel lebih mudah dipindah - pindahkan karena bahan bakar yang digunakan dapat dengan flesible mengikuti letak dari engine tersebut berada.

4. Konsumsi Bahan Bakar

Untuk komsumsi bahan bakar, engine diesel cenderung lebih boros karena selain mengunakan bahan bakar solar subsidi sementara yang mengunakan bahan bakar gas harga gas nya lebih murah, apalagi sekarang banyak dijual  gas - gas natural dalam bentuk tabung2 panjang yang dapat flexible dikirim ke tempat - tempat atau pabrik yang tidak ada fasilitas pipa gasnya.

5. Perawatan Mesin

Selain dari kebutuhan bahan bakar, perbedaan mesin gas  dan mesin diesel juga terletak dari segi perawatannya. Mesin diesel memerlukan penanganan ekstra dan khusus karena sistem ruang pembakarannya lebih rumit daripada mesin gas, untuk waktu preventive maintenance engine diesel kecil memerlukan waktu 250RH untuk pengantian minyak pelumasnya sementara untuk engine gas kecil dibawah 1MW membutuhkan waktu 750RH sehingga didapat efisiensi minyak pelumas lebih baik dibanding engine diesel

Jadi meskipun performa mesin diesel tangguh, namun hal tersebut  diikuti dengan perawatan yang lebih kompleks. Sistem ruang pembakarannya juga cepat kotor sehingga Anda perlu melakukan perawatan secara rutin dan berkala dengan tepat.

6. Keamanan

Mobil diesel dikenal tahan terhadap cuaca  apalagi engine diesel yang masih mengunakan tehnologi lama, namun Anda tetap harus waspada. Pasalnya mobil dengan bahan bakar diesel saat ini juga dilengkapi berbagai fitur yang membuatnya memiliki komponen kelistrikan yang lebih banyak. Jadi hindari menerjang penempatan engine diesel dibawah hujan atau terik matahari dengan kecepatan tinggi agar percikan air tidak masuk ke dalam mesin.

Sedangkan mesin gas memiliki komponen listrik yang lebih banyak, seperti busi, electronic control unit (ECU) dan aki. Jika sistem kelistrikan ini terkena air, maka akibatnya fatal.

7. Penggunaan Oli

Seperti yang sudah disampiakan diata, penggunaan oli juga jadi salah satu perbedaan mesin diesel dan mesin gas. Mesin diesel menggunakan oli yang lebih kental karena ruang pembakarannya lebih panas dibandingkan dengan mesin gas. Sementara itu, pada mesin gas disarankan menggunakan jenis oli yang lebih encer. selain itu pengantian minyak pelumasnya berbeda jauh running hournya 1:3

8. Cara Kerja Mesin Diesel dan Gas

Perbedaan mesin diesel dan mesin bensin selanjutnya terletak pada cara kerjanya. Seperti yang dijelaskan di atas, mesin diesel mengompres udara untuk menghasilkan panas yang membakar solar, sementara mesin gas mencampurkan udara dengan bahan bakar kemudian dibakar oleh percikan api busi. Kedua proses ini dilakukan dengan 4 langkah utama yang berbeda.

Nah, agar Anda lebih dapat memahami, berikut perbedaan cara kerja mesin diesel 4 langkah dengan mesin gas 4 langkah:

- Cara kerja mesin diesel

Cara kerja mesin diesel tahap pertama adalah menghisap. Mesin diesel menarik udara dari luar dan masuk ke dalam melalui katup hisap. Udara yang masuk akan mendorong Titik Mati Atas (TMA) dan Titik Mati Bawah (TMB) yang membuat ruang bakar meluas.

Kemudian piston akan bekerja menekan Titik Mati Atas (TMA) dan Titik Mati Bawah (TMB) untuk melakukan kompresi udara di dalam ruang pembakaran. Pada proses ini katup hisap dan pembuangan tertutup rapat agar tekanan dan suhu di dalam mesin bisa meningkat.

Ketika suhu di dalam ruang bakar sudah memanas akibat udara yang terkompres, maka injektor akan menyemprotkan solar ke ruang pembakaran. Solar pun terbakar dan mendorong piston sehingga bisa menghasilkan energi kinetik.

Langkah terakhir adalah langkah pembuangan, piston akan melakukan hal yang sama dengan langkah kedua namun di tahap ini katup pembuangan terbuka. Hal ini akan menyebabkan hasil pembakaran keluar dari katup pembuangan. Siklus pun akan dimulai kembali dari langkah hisap.

- Cara kerja mesin gas

Pertama piston turun membuat posisi katup masuk terbuka dan katup keluar tertutup. Udara akan masuk melalui katup masuk, dan bahan bakar  gas akan bercampur dengan udara yang terhisap tersebut.

Kemudian piston akan bergerak naik sehingga posisi katup masuk dan katup keluar tertutup. Proses kompresi pun terjadi pada campuran udara dan bahan bakar tadi.

Busi dialiri oleh tegangan tinggi dari coil sehingga menimbulkan percikan api. Percikan api tersebut menyambar campuran bensin dan udara yang terkompresi sehingga menimbulkan ledakan kecil. Ledakan ini menghasilkan tenaga yang bisa mendorong piston bergerak ke bawah dan menjadi energi kinetik yang menggerakkan mobil.

Terakhir pada tahap pembuangan, piston akan naik dengan kondisi katup masuk tertutup dan katup keluar terbuka. Gas sisa pembakaran atau ledakan kecil tadi pun akan terbuang. Setelah itu, siklus akan dimulai kembali dari langkah pertama.

Baca juga :

Dual Fuel Engine Kelebihan dan Kekurangannya

Kupas Tuntas Gas Engine dan Bagian - Bagiannya

9. Getaran Mesin

Mesin diesel lebih tinggi getarannya dibanding mesin gas yang cenderung lebih halus. Hal ini disebabkan oleh kompresi diesel yang terhitung lebih tinggi yaitu 1 banding 16-23, sementara mesin gas 1 banding 8-12 tergantung dari nilai metan number dari komposisi gas sebagai bahan bakarnya. Karena itu suara mesin berbahan bakar solar lebih berisik dibandingkan mobil berbahan bakar gas.

10. Eco Friendliness

Perbedaan mesin diesel dan mesin gas yang terakhir terletak pada seberapa ramah lingkungan kedua mesin tersebut. Mesin diesel yang melakukan pembakaran dengan intensitas lebih tinggi menghasilkan kepulan asap pembuangan lebih tebal dibandingkan mesin gas. Jadi jika dilihat dari faktor ramah lingkungan, mesin gas adalah jenis yang lebih bersahabat.

Demikianlah tadi sedikit uraian perbedaan engine / mesin berbahan bakar diesel dan berbahan bakar gas, semoga dapat bermanfaat. Jika kalian mempunyai pertanyaan atau pengalaman  dalam merawat ke 2 unit tersebut diatas share dikolom komentar yaa, supaya berbagi pengalaman ini lebih dapat bermanfaat lagi bagi yang membutuhkan. dan Ilmu yang kalian miliki dapat barokah dan bermanfaat bagi orang lain.


Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...