Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Tata Cara Troubleshot Genset Gas Engine Susah Running / Start

 

Halo teman - teman dhevils mechanic semuanya... ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic nich yang jelas pasti tak jauh - jauh membahas dunia mechanic oil and gas, entah itu terkait equipment yang sering digunakan di lapangan atau plant migas, troubleshot yang sering dilakukan oleh dhevils mechanic atau terkait ide - ide kreative dalam memecahkan masalah di lapangan. dan kali ini yuk kita bahas sedikit troubleshot genset susah start.

Baca juga :

Mencari Penyebab Piston Rod Bengkok Pada Diesel Engine.

Pekerjaan Pengantian Prime Over Pada Pedestal Crane di Offshore Platform

Genset sendiri kepanjangan dari generator Setting dimana unit ini terdiri dari primeover sebagai pengerak mula  dimana energy dari bahan bakar diubah menjadi energy putaran dan generator sebagai unit pengubah putaran menjadi energy listrik.

Untuk prime over yang digunakan pada genset ada bermacam - macam sumber yang umum digunakan di dunia Oil and Gas yaitu Gas engine, diesel engine, gas turbine, diesel turbine, steam turbine dan lain - lain. tetapi pengunaan gas engine yang paling umum di gunakan karena terkait bahan bakarnya yang murah tersedia di plant sehingga dapat menurunkan biaya produksi, sementara unit diesel engine digunakan untuk lapangan yang tidak ada fasilitas fuel gas dan untuk genset emergency.

Baca Juga :

Langkah Kerja Overhoul Engine Cumins

Overhoul Pompa Deep Blue Di Workshop BRU Mundu

Dalam Pengoperasiannya gas engine sering terjadi permsalahan dilapangan dan yang umum biasanya susah untuk di hidupkan, dan hal ini team operastion biasanya membuat notive ke team maintenance untuk dilakukan perbaikan. Hal yang umum dilakuakn dalam troubleshot gas engine adalah sebagai berikut:

Pastikan Bateray dalam Kondisi Prima

Hal ini karena Starting gas engine sebagian besar mengunakan electric starting sehingga memerlukan bateray sebagai sumber utama energy untuk mememutar motor starting, ada yang mengunakan starting 12vDC, ada juga yang mengunakan 24VDC dan disini mengunakan 2 buah bateray yang di seri dan pastikan kedua bateray dalam kondisi baik.

Untuk system starting model yang lain menyesuikan yaa.. misalkan starting mengunakan pneumatic motor starting pastikan pressure udara di receiver tank dalam kondis baik dan rata - rata pressure yang digunakan diatas 7 Ksc. dan jika mengunakan hydraulic starting pastikan pressure nitrogen diatas 1500Psi  saat pressure oil hydraulic dibawah 1000psi dan pressure oil hydraulic diatas 2500Psi.

Pastikan Motor Starter Dalam Kondisi Baik

Motor starter adalah alat untuk memutar awal unit engine sebelum unit engine dapat berputar sendiri setelah terjadi pembakaran di dalam ruang cylinder.  Disini motor starting ada bermacam - macam type ada yang electric motor starting, pneumatic motor starting, hydraulic motor starting dan lain - lain yang sebagian besar sudah dhevils mechanic ulas di macam - macam motor starting.

Pastikan motor starting dapat berputar dengan baik, gigi pinion atau sering disebut dengan gigi bendix dalam kodisi baik dan tidak ada yang rompal di ujung - ujungnya. Kondisi bearing juga dalam kondis baik dan hal ini untuk memastikannya dapat kalian goyang - goyang shaft nya jangan sampai bearing/busing ada yang longgar karena jika longgar gigi tidak dapat masuk dengan tepat sehingga motor starting susah untuk berputar.

Pastikan Engine Dapat Diputar 

Hal ini untuk memastikan jangan sampai unit engine ngejam atau lengket. karena jika unit engine lengket akan berdampak unit tidak dapat diputar dan sia - sia troubleshot yang kita lakukan karena unit harus di bongkar dan dicheck untuk memastikan dimana penyembab unit tidak dapat di putar.

Untuk memutarnya dapat mengunakan obeng atau nepel lewat lobang yang ada di flywheel dan untuk beberapa merk engine malah sudah ada fasilitas untuk memutarnya, kuta hanya mengunakan kunci shock untuk memutarnya.

Dan jika unit sudah dapat berputar tetapi unit tidak dapat hidup maka troubleshot akan dilanjutan ke langkah selanjutnya :

Area Fuel System 

Unit engine sudah dapat berputar tetapi tidak dapat hidup kalian dapat check jalur fuel systemnya terlebih dahulu dimana yang kita check dari apakah gas tersedia, pressure tercukupi, selenoid dapat terbuka dan tertutup dengan baik, carburetor gas bekerja dengan baik hingga governor mau membuka atau menutup sesuai dengan acelerasi dari engine. 

Untuk Diesel engine kalian dapat pastiakn mulai dari fuelnya tersedia, filter bagus, tidak masuk angin dan lain - lain.

Ignition System

Jika dari fuel kondisi bagus tetapi unit gas engine tidak dapat running kita lanjutakan ke bagian igntion system. Dimana yang kita check mulai dari kondisi bateray, magneto atau DISN atau CPU 95 jika ignition unit engine kalian mengunakan merk Altronic. pastikan dalam kondisi baik ya,, kalian dapat check di motor HMI atau secara fisik kalian dapat check di lapangan. 

Selanjutnya kalian check harness atau cable dari magneto ke koil tidak ada yang putus, koil dalam keadana baik dan spark plug dalam keadaan baik, adakalnya sparkplug kita lepas dan kita check resitensinya apakah masih bagus atau sudah bocor.

dan tak kalah penting check shutoff switch damal keadaan baik, karena banyak kejadian switch shutoff ini nempel ke grounidng terus sehingga magneto tidak mengeluarkan strum ke koil, dan sekalian cehack switch emergency shutdown nya yaa...

Compresi System

Dan jika 2 hal diatas sudah kita check tetapi tetap tidak dapat hidup baru masuk ke system kompresi dimana hal ini yang membuat unit tidak dapat running. kalian dapat mengunakan tool test kompresi yaa.. banyak tersedia di pasaran tool test kompresi atau membuat tool sendiri seperti yang dhevils mechanic lakukan di lapangan.

Nah itu beberapa tata cara troubleshot genset gas engine tidak dapat hidup yang dhevils mechanic lakukan, kalian juga dapat mencari troubleshot - troubleshot yang lain di kolom pencarian dari blog ini yaa.. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Dan jika kalian mempunyai pertanyaan atau pengalaman terkait troubleshot gas engine silahkan tulisa dikolom komentar yaa..s upaya berbagi pengalaman ini lebih menarik l;agi dan dapat bermanfaat bagi otrang lain.

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...