Skip to main content

Featured Post

PM Rutin Gas Engine Generator Guascor SFGLD 560

http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W

Mencari Penyebab Piston Patah Pada Diesel Engine

 Kejadian piston patah, atau block jebol sering terjadi pada unit - unit engine di lapangan, karena faktor lalai maupun faktor unit yang dipaksa terus beroperasi, tujuannya supaya efisien tetapi malah mengeluarkan biaya yang lebih mahal. Dan Hal ini bisa saja terjadi pada semua engine/ equipment yang pengoperasiannya sembarangan, maentenancenya terlupakan.
Seorang teknisi kadang tidak berdaya pada hal tersebut diatas, mereka sudah jauh - jauh hari meminta unit tersebut untuk di perbaiki dahulu, tetapi manajement maupun operasi tidak membolehkan dengan alesan mengejar target. Padahal setelah kejadian unit breakdown. kerugian akan semakin besar. Rugi waktu, rugi tenaga, rugi material, rugi anggaran, dan targetpun tambah molor.
Disini kita akan cerita kejadian yang terjadi pada unit engine pedstal crane dengan merk Manitec model LH 2400 dengan kapasitas 30 Ton. unit ini terpasang di sebuah anjunagn lepas pantai di laut utara jawa.  enginenya mengunakan merk Caterpillar dengan model D3406.

Baca juga :




Engine model ini sebenarnya termasuk engine yang handal, sederhana, minim perawatan. dengan mengunakan injection pump model konvensional. mudah untuk startingnya, karena mengunakan hydrolic stsrting dengan pressure 3000Psi
 
Awal kerusakan engine crane ini ini adalah terjadi kebocoran air pada waterpump.nya. tetapi operator masih memaksakan operasi sehingga kecolongan unit high temperature. high temperature engine menyebabkan di ruang bakar dan cylinder head menjadi panas tinggi, sehingga menyebabkan Gasket / packing cylinder head menjadi mati/ kaku/ pecah dan terbakar.  Jika packing cylinder head terbakar dan sobek maka air pendingin masuk ke ruang bakar dan menyebabkan piston stuck.
 
Air tidak dapat di kompresi sehingga piston akan tertahan, sementara ke 5 cylinder lainnya masih  mengeluarkan tenaga, dan mau tidak mau piston akan menerima beban lebih, piston kan jebol, connecting rod akan bengkok atau patah, patahamnya akan menendang liner dan block mesin dan pecah. unit engine tidak dapat di perbaiki lagi. Seandainya diperbaiki lagi performanya tidak sehandal waktu masih aslinya.
Oleh karena itu dari hal kecil bisa menyebabkan kerusakan yang parah, operator harus peka terhadap kondisi dari mesin yang di operasikannya. jika ada hal - hal yang abnormal segera laporkan  ke bagian maentenace untuk di tindak lanjuti.

 
Tulisan ini berdasarkan fakta dan pengalaman dari penulis. dan semoga dapat membantu membuka wawasan bagi kita semua. Ditunggu komentar dan diskusinya untuk sharring ilmu dan pengalaman.

baca juga:

Perawatan Pipa di Anjungan Offshore 

BRU Ejector Solusi untuk Memproduksikan Sumur Minyak Low Pressure

Comments

Arthur Teknik said…
Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
Oh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
Bagi yang membutuhkan Penyewaan AC Jakarta untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.

Salam Blogger min.

Popular posts from this blog

Kunci Inch dengan Kunci mm Dalam Dunia Mechanic

  Jika kita bekerja sebagai mechanic, toolkit adalah senjata kita dalam menyeleseikan suatu pekerjaan. karena dengan kelengkapan toolkit menurut saya 45% pekerjaan / troubleshoot dapat terpecahkan. Dan sebagai mekanik kita kadang menemukan ukuran bolt / nut yang berbeda - beda, ada ukuran dalam inchi, ada pula yang dalam ukuran mili meter. Seandainya kita paksakan mengunakan ukuran kunci tertentu, jutru tidak akan menyeleseikan masalah, tetapi malah menambah pekerjaan lainnya karena bolt atau nut yang kan kita kendorin akan slek atau rusak sehingga semakin sulit unitiuk kita lepaskan. atau bakan kunci yang kita gunakan akan rusak, dan hal ini elain menyusahkan waktu kita kerja juga akan menyusahkan di lain hari karena kita harus membeli kunci baru yang tidak murah harganya. Baca juga : Kehidupan di Offshore Platform  Fungsi Air Dryer Pada Air Compressor Korelasi Komposisi Gas dengan Air Fuel Ratio Perbedaan Prosedure Pembelian Gas Engine Dan Diesel Engine ...

Konversi Kunci ( mm ) Milimeter ke ( " ) Inch

Hallo teman - teman, ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic yang sellau bercerita tentang kehidupan maupun keseruan - keseruan dalam dunia mechanic, terutama dalam dunia mechanic Oil and Gas. Baca juga : TOP Overhoul Gas Engine Guascore  Perbedaan Proses Pembelian  Gas Engine Dan Diesel Engine Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Sebagai seorang Mechanic yang handal harus paham ukuran - ukuran  bolt, kunci yang digunakan dan seberapa kencang ukuran momentnya, karena kekencangkang bolt adalah sarat utama unit Rotating equipment dapat beroperasi dengan benar. Ada Equipment yang mengunakan kunci ukuran Inchi, dan kurang pass atau tepat jika mengunakan ukuran milli meter karena memang bolt di rancang dengan ukuran inchi, biasanya unit - unit engine dan pompa yang berasal dari Eropa dan Amerika.  Ada Pula Equipment yang mengunakan kunci ukuran Milli dan tidak pas atau slek jika kita mengunakan tools atau ku...

Prinsip Kerja VSD (Variable Speed Drive) atau Inverter

  Hai friends..ketemu lagi dengan tulisan - tulisan dhevils mechanic, dan kali ini dhevils ingin membahas tentang VSD karena akhir - akhir ini sering terjadi kerusakan VSD ditempat dhevils kerja,dan permaslhannya macam -macam hingga VSD rusak. salah satunya terkena petir, baca juga : Kehidupan Di Offshore Platform Profile Mechanic Offshore Dhevils Ejector Dsn Beberapa Manfaatnya Memebuat Pompa Multi Phurpose Dengan Dhevils Ejector Inverter / variable frequency drive / variable speed drive merupakan sebuah alat pengatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi dan tegangan yang masuk ke motor. pengaturan nilai frekuensi dan tegangan ini dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang di inginkan atau sesuai dengan kebutuhan. Secara sederhana prinsip dasar inverter untuk dapat mengubah frekuensi menjadi lebih kecil atau lebih besar yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian dijadikan tegangan AC lagi dengan...