http://dlvr.it/RmTRLX http://dlvr.it/RmTxrm http://dlvr.it/RmVM4W
Kejadian piston patah, atau block jebol sering terjadi pada unit - unit engine di lapangan, karena faktor lalai maupun faktor unit yang dipaksa terus beroperasi, tujuannya supaya efisien tetapi malah mengeluarkan biaya yang lebih mahal. Dan Hal ini bisa saja terjadi pada semua engine/ equipment yang pengoperasiannya sembarangan, maentenancenya terlupakan.
Seorang teknisi kadang tidak berdaya pada hal tersebut diatas, mereka sudah jauh - jauh hari meminta unit tersebut untuk di perbaiki dahulu, tetapi manajement maupun operasi tidak membolehkan dengan alesan mengejar target. Padahal setelah kejadian unit breakdown. kerugian akan semakin besar. Rugi waktu, rugi tenaga, rugi material, rugi anggaran, dan targetpun tambah molor.
Disini kita akan cerita kejadian yang terjadi pada unit engine pedstal crane dengan merk Manitec model LH 2400 dengan kapasitas 30 Ton. unit ini terpasang di sebuah anjunagn lepas pantai di laut utara jawa. enginenya mengunakan merk Caterpillar dengan model D3406.
Baca juga :
Troubleshoot Scada Tidak Menampilkan Data Turbine
Langkah Kerja Overhoul Diesel Engine Cumins CFP 59 Karena Air Masuk Ke Ruang Compressi
Overhoul Pompa Deep Blue di WorkShop BRU PT Pertamina EP Field Jatibarang
Langkah Kerja Overhoul Diesel Engine Cumins CFP 59 Karena Air Masuk Ke Ruang Compressi
Overhoul Pompa Deep Blue di WorkShop BRU PT Pertamina EP Field Jatibarang
Engine model ini sebenarnya termasuk engine yang handal, sederhana, minim perawatan. dengan mengunakan injection pump model konvensional. mudah untuk startingnya, karena mengunakan hydrolic stsrting dengan pressure 3000Psi
Awal kerusakan engine crane ini ini adalah terjadi kebocoran air pada waterpump.nya. tetapi operator masih memaksakan operasi sehingga kecolongan unit high temperature. high temperature engine menyebabkan di ruang bakar dan cylinder head menjadi panas tinggi, sehingga menyebabkan Gasket / packing cylinder head menjadi mati/ kaku/ pecah dan terbakar. Jika packing cylinder head terbakar dan sobek maka air pendingin masuk ke ruang bakar dan menyebabkan piston stuck.
Air tidak dapat di kompresi sehingga piston akan tertahan, sementara ke 5 cylinder lainnya masih mengeluarkan tenaga, dan mau tidak mau piston akan menerima beban lebih, piston kan jebol, connecting rod akan bengkok atau patah, patahamnya akan menendang liner dan block mesin dan pecah. unit engine tidak dapat di perbaiki lagi. Seandainya diperbaiki lagi performanya tidak sehandal waktu masih aslinya.
Oleh karena itu dari hal kecil bisa menyebabkan kerusakan yang parah, operator harus peka terhadap kondisi dari mesin yang di operasikannya. jika ada hal - hal yang abnormal segera laporkan ke bagian maentenace untuk di tindak lanjuti.
Tulisan ini berdasarkan fakta dan pengalaman dari penulis. dan semoga dapat membantu membuka wawasan bagi kita semua. Ditunggu komentar dan diskusinya untuk sharring ilmu dan pengalaman.
Perawatan Pipa di Anjungan Offshore
BRU Ejector Solusi untuk Memproduksikan Sumur Minyak Low Pressure
Comments
Oh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
Bagi yang membutuhkan Penyewaan AC Jakarta untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.
Salam Blogger min.